Yuk, Membiasakan Anak Suka Membaca

Membaca pastinya memiliki banyak manfaat. Kebiasaan membaca baik untuk memperbaharui informasi yang diterima oleh seseorang. Membaca memiliki satu manfaat yang sangat baik, yaitu mempermudah seseorang untuk mengerti berbagai konsep dan keadaan dengan mudah. Orang yang suka membaca juga cenderung memiliki keterampilan berpikir yang kritis. Orang yang punya kebiasaan membaca biasanya bisa dilatih menjadi seorang pemikir atau “thinker” dan ini sangat bagus.

Penting Membiasakan Anak Untuk Suka Membaca

Membaca informasi atau buku ilmu pengetahuan bisa membuat isi otak lebih berbobot. Penjelasan di atas  tadi merupakan alasan mengapa membaca itu menjadi sangat penting dan yang tidak kalah penting adalah membiasakan anak untuk suka membaca.

Banyak orang mengakui, masa kecil adalah waktu yang paling tepat untuk mengajarkan dan mendidik anak untuk menyukai sebuah kebiasaan baik. Cara dengan mencontohkan, mengajarkan dan membimbing dengan tekun dan sabar. Karena membaca adalah hal yang penting, maka orangtua juga harus mengatur bermacam cara untuk bisa menularkan kebiasaan membaca kepada anak. Selain itu, orangtua juga harus bisa menyediakan bacaan yang berisi positif dan bermanfaat untuk si kecil.

Bacaan Yang Baik Untuk Balita

1. Cerita yang membicarakan anggota keluarga dan peran masing-masing

2. Cerita yang memperkenalkan hewan dan buah-buahan

3. Cerita tentang planet dan isi alam

4. Cerita tentang humanity (yang memiliki pesan moral)

5. Cerita yang memperkenalkan 3 magic word

6. Cerita religius untuk memperkenalkan agama dan keyakinannya

7. Cerita tokoh-tokoh penting yang namanya disebut karena sesuatu hal besar

Ibu membiasakan anak suka membaca

Memahami konsep dengan mudah dan memiliki pemikiran kritis adalah dua hal penting yang harus dimiliki oleh setiap anak.

Mengapa demikian?

Bila dari kecil mudah memahami konsep, maka saat remaja, seorang anak akan memiliki konsep kehidupan. Apa hal yang baik dan tidak baik, mana hal yang sehat dan berbahaya untuk kesehatan, apa saja hal yang sesuai norma dan tidak sesuai norma akan diatur sesuai dengan konsep yang dimilikinya. Tugas orangtua adalah mengajarkan kebaikan dan memberikan bacaan yang baik.

Bila anak mampu berpikir kritis maka ia akan memilah-milah hal yang pantas dan tidak pantas. Dengan begitu anak bisa berpikir secara mendalam karena kebiasaan membaca dari kecil. Anak yang tidak suka membaca, maka pemikirannya akan dangkal. Untuk memecahkan sebuah masalah cenderung menggunakan emosi kemarahan dan lebih mudah terlibat dengan keributan dengan orang lain.

Ibu, yuk biasakan anak suka membaca :)

Baca Juga:

Sedih Melihat Rewel Saat Sakit? Cek Barangkali Anak Sedang Masuk Angin

Menyajikan Sepiring Makanan Sehat Untuk Si Kecil

3 Cara Menghabiskan Waktu Bersama Anak Saat Diluar Hujan Seharian

Menghadapi Anak Remaja Berpacaran

Cara Mengatasi Batuk Rejan Pada Bayi 1-12 Bulan

 

This post has already been read 574 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation