Tips Membuat Anak Lebih Cinta Buku daripada Gadget

Anak Lebih Cinta Buku

Di era teknologi saat ini banyak kebiasaannya yang mulai bergeser. Hampir semua orang sudah memiliki gadget, termasuk anak yang masih duduk di sekolah dasar. Meskipun internet banyak memudahkan kita, namun sudah seharusnya buku tetap memiliki peran penting untuk menambah wawasan anak.

Ada kalimat yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia, tapi sayangnya berkat internet isilah itu perlahan-lahan sudah mulai memudar. Sebagai orang tua yang baik, jangan biarkan anak anda lebih mencintai layar komputer atau gadget, karena dengan membiasakan si kecil membaca buku akan jauh lebih banyak manfaatnya. Coba ikuti tips dibawah ini yuk, supaya anak lebih mencintai buku dari pada gadget.

Biasakan membaca buku di rumah sebelum pergi ke sekolah

Kebiasaan yang baik dimulai dari rumah. Anda bisa memulai membacakan buku, baik itu dongeng atau buku anak-anak sebelum mereka masuk TK atau SD. Hal ini bisa sebagai pembelajaran bagi seorang anak bahwa membaca buku itu penting.

Tidak masalah membaca buku berulang-ulang kali

Ketika si kecil senang menyukai sesuatu, ia akan mengulanginya berkali-kali. Jangan pernah bosan untuk menemaninya membaca buku yang sama berulang-ulang kali, meskipun anak sudah hafal betul isi ceritanya namun kesenangan yang sama masih dirasakan anak. Jadi, anda bisa temani sambil kenalkan buku cerita yang lain.

Buat kegiatan yang berhubungan dengan isi cerita di buku

Alangkah lebih baik jika anda membuat aktivitas yang sama seperti di dalam buku. Misalnya menggambar atau mewarnai tokoh Cinderella. Hal ini sekaligus bisa melatih kemampuan motorik dan kreativitas sang anak.

Hubungan cerita buku dengan kehidupan nyata

Ada banyak sekali pelajaran berharga dari cerita fabel, dongeng, dan cerita anak lainnya. Anda bisa hubungkan cerita-cerita tersebut dengan kehidupan nyata atau sehari-hari sekaligus pembelajaran untuk membentuk karakter anak.

This post has already been read 286 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation