Tanda-Tanda Balita Sehat

Memiliki balita sehat merupakan impian semua orang tua. Balita sehat akan membuat orang tua bahagia karena buah hatinya akan tumbuh dengan ceria. Selain itu balita sehat juga berpengaruh besar terhadap pertumbuhannya ke depan. Di usia 0 sampai 5 tahun, balita berada di masa pentingnya yang sering disebut sebagai masa emas tumbuh dan kembangnya. Di masa inilah yang menentukan pertumbuhan dan perkembangan fisik serta otaknya. Pertumbuhan dan perkembangannya akan dapat dicapai dengan baik jika keadaan balita sehat selalu. Jadi balita sehat menjadi kunci utama dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

balita sehat
gambar: republika.co.id

5 Tanda Balita Sehat

Untuk mengetahui keadaan balita sehat, kita harus mengetahui beberapa tanda yang bisa menjadi cerminan keadaan seorang balita. Ada banyak sekali tanda yang mengindikasikan balita sehat. Dan untuk memudahkan para orang tua untuk mengetahui anak balitanya dalam keadaaan sehat atau tidak, berikut ini ada beberapa tanda balita sehat yang dapat dicermati.

  • Lincah dan aktif menjadi pertanda pertama balita sehat. Di masa balita apalagi ketika mereka baru bisa merangkak atau berjalan, mereka akan sangat senang bergerak. Gerakan balita sehat sangatlah lincah karena otot mereka masih sangat lentur sehingga memungkinkan mereka bergerak secara aktif. Jika suatu hari mereka terlihat lesu dan tidak banyak yang bergerak, itu bisa menjadi pertanda bahwa mereka dalam keadaan yang kurang sehat. Mereka tidak bisa mengatakannya secara langsung jadi itu bisa menjadi pertanda anak perlu perawatan.
  • Tanda balita sehat kedua adalah balita terlihat bahagia. Balita sehat akan terlihat dari mimik muka bahagia serta sinar matanya yang bersinar. Jika mereka tampak murung itu berbarti ada yang salah dengan tubuhnya.
  • Rambut terlihat sehat menjadi ciri balita sehat ketiga. Jika rambut anak terlihat kusam dan mudah rontok itu bisa menjadi pertanda mereka dalam keadaan kurang baik seperti kurang gizi.
  • Gigi yang terlihat putih dan pertumbuhannya normal juga menjadi tanda balita sehat. Jika balita terlambat tumbuh giginya bisa jadi mereka kekurangan kalsium. Jadi konsultasikan ke dokter gigi dan ajak mereka ke dokter 6 bulan sekali.
  • Tanda balita sehat terakhir adalah luka yang mudah sembuh. Gerakan mereka yang lincah kadang membuat balita terluka. Jika lukanya mudah sembuh maka keadaan balita sehat.

This post has already been read 599 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation