Stimulasi Kecerdasan Anak – Permainan Turun Naik

Mendengar nama permainannya saja tentu terkesan mudah kan, ‘Permainan Turun Naik’. Dengan permainan ini Ibu bisa memberikan stimulasi kecerdasan anak, khususnya untuk melatih keseimbangan anak. Seiring berat badan anak yang semakin bertambah, daya gravitasi akan memiliki daya tarik yang semakin besar. Maka penting untuk melatih keseimbangan anak.

Untuk melakukan permainan turun naik ini Ibu bisa menyiapkan sofa atau kursi yang kokoh bila Ibu ingin melakukan permainan dengan posisi duduk. Tapi bila ibu ingin melakukan permainan turun naik sambil tiduran, Ibu bisa menyiapkan matras sebagai alas. Permainan ini juga bisa melatih keberanian anak. Anak tidak takut memanjat dan tidak takut ketinggian, dan yang perlu dilatih adalah keseimbangan agar anak tidak mudah terjatuh.

Cara bermain:
Ibu duduk di kursi, letakkan bayi di atas tulang kering kaki Ibu. Angkat tubuh si kecil dan buat gerakan turun naik secara berulang. Bila bayi Ibu tidak seimbang, kembalikan tubuhnya ke posisi tengah. Bila bayi memiliki ekspresi ketakutan, kurangi kecepatan ayunan kaki, terus lakukan secara perlahan dan berulang-ulang.

Permainan Turun Naik efektive untuk bayi berusia 6-12 bulan. Lakukan sesekali karena baik untuk menstimulasi keseimbangan anak. Bila anak menjerit atau tidak terhibur, lakukan permainan naik turun di lain waktu. Bisa jadi si kecil sedang tidak ingin bermain karena ngantuk atau lapar.

This post has already been read 437 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation