Pola Pengasuhan Anak Mempengaruhi Karakter Anak

Tanpa banyak orang tua sadari, pola pengasuhan anak ternyata sangat mempengaruhi karakter anak ke depannya. Anak bagaikan sebuah kertas putih bersih. Kita sebagai orang tualah yang akhirnya akan memberikan warna di dalamnya. Pola asuh anak sejak kecil pastinya akan membekas ke dalam pikiran dan alam bawah sadarnya.

Hal itu sering tidak disadari oleh para orang tua sehingga mereka sering mengasuh dengan cara yang salah. Maka dari itu memperhatikan pola asuh anak haruslah diperhatikan dengan baik agar dia bisa tumbuh dengan baik ke depannya.

Pola Pengasuhan Anak Mempengaruhi Karakter Anak

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Sehingga pola pengasuhan anak juga harus dilakukan dengan cara yang berbeda pula. Dari pengasuhan anak yang tepat inilah karakter anak akan terbentuk dengan baik. Tiga komponen dalam kepribadian anak baik dari sisi afektif, kognitif dan psikomotorik akan sangat dipengaruhi oleh pemilihan pola pengasuhannya.

Sayangnya orang tua sering tidak mengerti pentingnya memilih pola asuh yang tepat bagi buah hati. Untuk memilih pola pengasuhan anak yang tepat, bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Pola Pengasuhan Anak Mempengaruhi Karakter Anak

Orang Tua Sebagai Contoh

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya sepertinya kiasan tepat dalam menggambarkan antara orang tua dan anak. Ketika masih kecil, anak memiliki memori yang sangat kuat sehingga apa yang orang tua atau orang-orang terdekatnya lakukan akan ditirukan oleh mereka. Dengan kata lain jika ingin memiliki sikap anak dengan sikap yang baik, maka berikanlah contoh yang baik pula. Contoh baik itu harus mencakup perkataan dan perbuatan. Kalau orang tuanya sering menggunjing, jangan salahkan jika ketika anak dewasa suka menggunjing juga.

Menyesuaikan Dengan Karakter Anak

Anak dilahirkan dengan berbagai karakter yang berbeda-beda. Orang tua khususnya ibu sebagai orang terdekat harus bisa memahami bagaimana karakter anak kita. Dengan memahami karakter anak, maka ke depannya akan terbentuk karakter baik yang akan dibawa sampai dia dewasa.

Itulah trik agar pola pengasuhan anak memberikan karakter baik ke depannya. Jadi berhati-hatilah dalam melakukan berbagai hal karena bisa ditiru anak kita.

This post has already been read 690 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation