Perawatan Bayi Bagi Si Kecil Umur 6-12 Bulan

perawatan bayi, perawatan bayi 6-12 bulanAnak adalah anugerah terbesar dari sang pencipta bagi orangtua. Buah hati Anda yang harus Anda rawat dengan baik sampai tumbuh dewasa dan dapat hidup secara mandiri.

Untuk bisa mendapatkan pertumbuhan yang baik, perawatan bayi harus dimulai sejak dini. Salah satunya pada saat sang buah hati berusia 6-12 bulan.

Perawatan bayi untuk si kecil saat berusia 6-12 bulan dimulai dengan mengajarinya melakukan duduk tegak tanpa besar. Perhatikan baik-baik sehingga saat si buah hati limbung, Anda dapat langsung menangkapnya. Merawat bayi dengan bermain ci luk ba. Ini dapat dilakukan sebagai hiburan bagi sang anak sehingga si buah hati tertawa. Ajarkan hal kecil seperti memegang biskuit yang mudah larut untuk menghindari tersedak.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah mengajari anak berjalan dengan berpegangan pada tangan Anda. Ini akan membantu respon kaki agar segera dapat berjalan sendiri. Sering-sering lah mengajak berbicara meski dengan kata-kata yang sederhana. Perlu diingat, Anda harus tetap memberikan perhatian penuh untuk menjaga keselamatan anak.

perawatan bayi, perawatan bayi 6-12 bulan

Makanan yang diberikan oleh ibu juga merupakan perawatan bayi yang perlu diperhatikan agar tumbuh kembang sang anak berjalan dengan baik. Bayi dirawat dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang terbuat dari kacang-kacangan terutama kacang tanah, garam dan gula, gandum, seafood, susu atau produk olahannya kecuali ASI, dan bumbu masak atau penyedap.

Perawatan bayi dari segi makanan untuk tetap menjaga kesehatannya dengan cara merebus sayur dan buah dengan sedikit air dan tidak overcook. Anda dapat pula memberikan makanan yang dikukus untuk si buah hati terutama makanan yang mengandung vitamin B dan C. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut cepat larut dalam air.

perawatan bayi, perawatan bayi 6-12 bulan

Anda juga dapat menggunakan microwave untuk memasak. Buah dan sayur yang sebelumnya dicuci dengan bersih, potong-potong sesuai selera, dan letakkan pada piring. Selanjutnya masukan pada microwave. Jangan lupa tambahkan sedikit air. Setelah cukup matang, haluskan buah atau sayur tersebut. Bubur siap dinikmati.

This post has already been read 1036 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation