Pengaruh Susu Bayi Terhadap Perkembangannya

Susu merupakan minuman yang wajib diminum oleh seorang bayi. Pemberian susu terhadap bayi sangatlah penting. Pada tumbuh kembang bayi faktor utama yang menjadikan bayi tumbuh dan berkembang adalah susu bayi. Untuk bayi yang baru lahir sampai berumur dua tahun paling baik jika diberikan ASI (Air Susu Ibu).

Namun, ASI tidak selalu dapat diberikan oleh bayi, ada beberapa faktor yang menyebabkannya diantaranya adalah ASI Ibu tidak keluar atau keluar hanya sedikit. Selain itu alasan karena sibuk bekerja juga sering diberikan oleh Ibu untuk tidak memberikan ASI kepada sang buah hati.

Pemberian susu kepada bayi sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang anak. Mungkin secara langsung tidak ada perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan bayi yang diberi ASI dan bayi yang diberikan susu formula.

susu bayi

Perkembangan yang sangat menonjol adalah perbedaan perilaku. Bayi yang diberikan ASI lebih sensitif dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Pemberian susu bayi juga berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan bayi. Bayi yang diberikan ASI cenderung mempunyai sistem pencernaan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.

Pemberian susu bayi yang formula juga cedera akan memenggal daya kognitif anak yang diberikan ASI biasanya akan memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan dengan anak yang bayinya hanya diberikan susu formula saja. Pemberian susu pada bayi yang paling baik dan ideal adalah dengan pemberian ASI.

Banyak kandungan yang terdapat dalam ASI yang tidak dapat ditemukan didalam susu formula dalam bentuk apapun. Hal ini sudah dibuktikan oleh berbagai ahli internasional, pemberian ASI kepada bayi yang baru lahir lebih baik dari pada pemberian susu formula.

susu bayi

Banyak alasan Ibu untuk tidak memberikan ASI, selama Ibu dapat memberikan ASI kepada bayinya hendaknya tetap memberikan ASI sesibuk apapun sang Ibu. Lain alasannya jika memang ASI sang Ibu tidak keluar, pilihan pemberian susu bayi formula adalah satu-satunya cara yang harus ditempuh.

Untuk memberikan susu formula kepada bayi harus berdasarkan gizi yang dibutuhkan sang bayi. Susu yang tepat untuk bayi adalah susu sapi. Kandungan susu sapi disinyalir lebih baik dibandingkan susu-susu yang lainnya.

This post has already been read 614 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation