Pengaruh Kasih Sayang OrangTua Pada Psikologi dan Tumbuh Kembang Anak

Pengaruh cinta kasih orang tua pada anak akan sangat besar jika dihubungkan dengan perkembangan psikologi dan tumbuh kembang anak. Anak umumnya merekam kejadian yang biasa terjadi di lingkungan sekitarnya.

Jika orangtua kurang peduli dan tidak mampu memberikan kasih sayang dan perhatian pada anak, kemungkinan anak akan mengalami masalah pada sikap dan sifatnya. Bisa jadi anak merasa kesepian dan sering melakukan tindakan yang salah, hal ini disengaja agar sang anak mendapatkan perhatian dan kasih sayang orang tua mereka.

Psikologi dan tumbuh kembang anak sangat penting dalam masa pertumbuhannya kelak, dan akan menentukan cara berfikir anak bahkan nasibnya kelak ia akan jadi apa. Ada banyak sekali efek negatif yang dapat terjadi jika kasih sayang orang tua kepada anak kurang.

Contohnya saja anak menjadi nakal, seperti merokok, berkelahi, membolos, minum minuman keras, pergaulan bebas dan masih banyak lagi kenakalan anak yang dapat dilakukan anak kurang perhatian. Kemungkinan ia juga berani melakukan tindakan kriminalitas yang berat jika sang anak benar-benar kehilangan kendali.

tumbuh kembang anak, kasih sayang orangtua

Orang tua adalah faktor utama dalam perkembangan psikologi anak karena orang tua lah orang terdekat yang mampu memberikan arahan-arahan pada sang anak. Jika Anda memiliki anak yang nakal, cobalah mendekatinya dengan pelan dan lembut. Jangan mencoba menyelesaikan masalah kenakalan anak dengan kekerasan. Karena pendekatan yang diimbangi dengan nasihat baik bisa menjadi vitamin bagi perkembangan psikologi anak.

Pada dasarnya hati anak akan luluh jika orangtua mampu menyentuh hatinya dengan berkata baik-baik tetapi tepat sasaran. Berilah contoh yang baik pada anak Anda tentang bagaimana bersikap yang baik dan berperilaku yang baik. Sebagian besar anak cenderung mengikuti tingkah laku dan perbuatan orang tua nya, mereka mencontoh apa yang mereka lihat dan mencoba mempraktekannya.

tumbuh kembang anak, kasih sayang orangtua

Jika anak sudah terlanjur jauh dari genggaman orang tua, kemungkinan hubungan anak dan orang tua akan semakin memburuk. Karena perhatian orang tua yang kurang, anak akan mencoba membangkang kepada orang tuanya karena ia merasa orang tuanya tidak lagi peduli akan dirinya.

Itulah sebabnya perhatian orang tua sangat besar pengaruhnya pada psikologi anak. Didiklah anak Anda dengan kasih sayang dan kelembutan, tetapi jangan juga memanjakan anak terlalu berlebihan.

This post has already been read 2296 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation