Mengatasi Anak Susah Makan

Anak susah makan pastinya menjadi masalah yang dihadapi orang tua ketika anak memasuki usia pertama. Masalah anak susah makan memang menjadi salah satu hal yang pasti dilalui oleh setiap anak. Namun hal itu akan sangat menjengkelkan orang tua khususnya sang ibu. Kadang masalah tersebut membuat sang ibu stress karena takut asupan gizi untuk anaknya tidak tercukupi. Padahal di masa itu merupakan masa emas pertumbuhannya.

anak susah makan
gambar: konsultankolesterol.com

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Ada banyak faktor yang menyebabkan anak susah makan. Faktor tersebut bisa datang dari fisik maupun psikisnya. Faktor psikis biasanya terjadi karena trauma anak atau kondisi rumah tangga yang sedang kurang baik, pemaksaan oleh orang tua ataupun masalah lainnya. Sedangkan faktor fisik bisa terjadi karena adanya masalah dengan sistem pencernaannya. Biasanya masalah besar yang menyebabkan anak susah makan karena anak tidak suka dengan makanan yang diberikan kepadanya. Lalu bagaimana mengatasi masalah anak susah makan tersebut agar tidak mengganggu pertumbuhannya?

anak susah makan
gambar: wayantulus.com

Untuk mengatasi anak susah makan kita bisa mengakalinya dengan mencoba menyajikan makanan dengan variasi yang berbeda. Buatlah beberapa menu makanan dan biarkan anak memilihnya. Makanan yang mereka sukai biasanya akan mereka habiskan dengan lahap dan bahkan minta tambah. Selain itu tidak lupa untuk menyajikan makanan dengan sajian yang berbeda. Anak biasanya tertarik dengan bentuk-bentuk aneh yang membuat mereka penasaran. Hal itu bisa dijadikan siasat untuk menyajikan makanan untuk sang anak. Sajikan makanan untuk anak dengan bentuk yang lucu. Misalnya menyajikan nasi dengan membentuknya seperti bentuk kartu lucu yang mereka sukai atau bentuk-bentuk lainnya. Berikan sentuhan warna dari sayuran sebagai akesoris mata yang akan membuat mereka lebih penasaran lagi. Yang terpenting buatlah suasana makan begitu menyenangkan. Hindari perkataan yang membuat anak terancam dan berada di bawah tekanan. Buatlah waktu makan merupakan waktu yang menyenangkan sehingga tidak akan menimbulkan trauma psikis bagi anak. Hindari memberikan minum terlalu banyak ketika anak makan. Perutnya yang masih kecil tentunya tidak memiliki ruang banyak untuk menampung makanan. Jadi biarkan dia makan sampai habis atau sesekali saja memberikan minum ketika mereka membutuhkannya. Jika banyak air yang masuk tentunya makanan tidak akan habis. Itulah beberapa tips mengatasi masalah anak susah makan. Intinya hindari memberikan ancaman ketika anak makan. Buatlah dia senang ketika waktu makan tiba.

This post has already been read 482 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation