Memperkenalkan Magic Word Kepada Anak Balita

Saat anak berusia satu tahun mulai belajar berjalan dan belajar berbicara. Saat itulah merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkan “magic word” kepada anak balita. Sambil belajar berbicara, Bunda juga bisa sambil mencontohkan kegunaan masing-masing magic word tersebut. Kalimat seperti apa yang tepat dan waktu seperti apa yang pas untuk mengucapkan salah satu dari magic word tersebut.

3 Magic Word yang Harus Diingat

1. Terima kasih

Kata terima kasih masuk dalam rangkaian magic word karena saat kita mendapat bantuan atau kemudahan maka kita perlu mengucapkan terima kasih. Biasakan kepada anak untuk mengucap terima kasih setiap diberikan sesuatu atau mendapat pertolongan.

2. Maaf

Bunda, penting sekali untuk memperkenalkan kata maaf kepada anak. Banyak kesalahan yang memang mereka lakukan karena anak belum paham mana yang salah dan benar. Tapi seiring jalannya waktu orangtua bisa menegaskan mana yang salah dan mana yang benar kepada anak. Jika anak melakukan kesalahan seperti melakukan hal berbahaya yang bisa mencelakakan dirinya atau orang lain, sudah menjadi tanggung jawab Bunda untuk memberi penjelasan dan meminta anak untuk tidak mengulanginya. Bersamaan dengan itu, Bunda bisa memperkenalkan kata maaf agar anak tetap rendah hati dan bisa belajar mengakui kesalahannya. Hal yang paling penting, anak bisa mengatakan maaf saat melakukan kesalahan tanpa paksaan ketika ia dewasa nanti. Tugas orangtua adalah mengajarkan sedini mungkin tentang hal ini.

3. Tolong

Perkenalkan kata tolong dan kata permisi, ini seperti mengambarkan adab ketimuran. Hal ini adalah salah satu cara kita untuk mengajarkan sopan santun kepada anak balita. Misalkan anak ingin meminta bantuan mengambil mainannya karena tidak bisa mengambilnya sendiri atau anak sedang melewati orangtua yang sedang ngobrol, atau saat anak ingin menyelak kamar mandi karena merasa sudah tidak tahan ingin buang air kecil. Hal ini sangat perlu agar anak terhindar dari sifat arogan dan mau menang sendiri. Manfaat mengajarkan anak untuk terbiasa mengucap tolong dapat membuat anak terhindar dari sikap bossy yang sukanya memerintah orang lain.

Hal penting lain dari memperkenalkan, mengajarkan dan membiasakan mengucap magic word adalah mengatakan dengan hati. Banyak orangtua mencontohkan kebaikan kepada anak sehingga anak mengerti dan bisa mengukuti apa yang telah di ajarkan. Namun, tidak sedikit pula orangtua yang mengajarkan tapi dalam kehidupan sehari-hari orangtua tidak bersikap demikian. Anak sangat pandai meniru. Contohkan kebaikan agar anak bisa meniru perilaku baik dari orangtua.

Artikel lain mengenai Anak Balita

This post has already been read 553 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation