Gizi Anak Seimbang VS 4 Sehat 5 Sempurna

Gizi anak seimbang merupakan isu yang sangat penting dan perlu menjadi perhatian para orang tua. Dengan gizi anak seimbang, jaringan dan organ – organ tubuh anak dapat berfungsi dengan baik dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan fisik serta perkembangan mental yang optimal. Kecerdasan anak juga sangat bergantung pada gizi anak seimbang. Mengingat pentingnya gizi anak seimbang, banyak orang tua yang memberikan asupan gizi yang berlebihan pada anak dikarenakan mereka masih mengacu pada konsep empat sehat lima sempurna yang sebenarnya sudah lama ditinggalkan.

Gizi Anak Seimbang vs. 4 Sehat 5 Sempurna

Gizi Anak Seimbang

Gizi Anak Seimbang

Konsep gizi anak seimbang berbeda dengan konsep empat sehat lima sempurna. Dalam konsep gizi anak seimbang, setiap anak membutuhkan asupan gizi yang berbeda – beda tergantung usia, aktifitas fisik, dan status kesehatannya. Sedangkan dalam konsep empat sehat lima sempurna, kebutuhan gizi setiap anak disamaratakan dan diberlakukan sama.

Seperti yang kita ketahui bahwa porsi dan jenis gizi setiap orang berbeda, sedangkan konsep empat sehat lima sempurna mengasumsikan bahwa pola porsi yang disamakan ini dapat mengurangi kasus kekurangan ataupun kelebihan gizi. Kekeliruan lainnya dalam konsep empat sehat lima sempurna misalnya adalah susu yang dianggap sebagai makanan penyempurna. Sedangkan kandungan gizi dalam susu itu sendiri adalah protein hewani yang mana juga terdapat dalam telur, daging dan ikan. Maka dari itu, konsep empat sehat lima sempurna yang hadir pada tahun 1950an, sejak tahun 1990an sudah mulai ditinggalkan oleh berbagai Negara secara internasional, termasuk saat ini oleh Indonesia.

Dalam gizi anak seimbang, yang diutamakan bukanlah jenis – jenis makanannya yang dikonsumsi anak, melainkan jumlah asupan gizi dari makanan tersebut, seperti berapa besar kandungan protein, vitamin, karbohidrat dan lain – lain. Kemudian besaran asupan gizi ini juga disesuaikan dan diseimbangkan dengan kebutuhan si anak serta dengan aspek pola hidup sehat lainnya seperti aktifitas fisik si anak, kebersihan makanan dan lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai gizi anak seimbang dan bedanya dengan konsep 4 sehat 5 sempurna.

This post has already been read 612 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation