7 Cara Agar Otak Anak Pintar

Kepintaran yang dimiliki seorang anak tentunya berbeda-beda. Sekalipun anak kembar identik memiliki kecerdasan yang berbeda. Sering kali orang tua menganggap anaknya pintar ketika memiliki sebuha prestasi disekolah. Padahal, bukan hanya itu saja. Banyak hal yang bisa menjadi indikator seorang anak pintar dan memiliki otak pintar.

Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan otak anak. Faktor gizi dan pola pengasuhan merupakah hal terpenting. Bila gizi yang baik dipadukan dengan stimul yang baik maka akan merangsang anak untuk memiliki otak pintar. Namun, ternyata banyak hal yang bisa dilakukan agar otak anak lebih pintar.

Apa sajakah faktor yang bisa membantu agar anak lebih pintar. 7 cara berikut bisa membantu Anda:

ASI

ASI adalah asupan terbaik untuk bayi baru lahir. Asi sangat bagus untuk otak bayi. Penelitian secara konsisten telah menunjukkan bahwa menyusui memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan bayi. Selain sebagai makanan atau minuman yang bagus untuk otak anak, ASI juga bisa mencegah infeksi berbahaya yang disebabkan virus.

Peneliti Denmark telah menemukan bahwa menyusui dapat membuat bayi menjadi sehat dan cerdas. Studi ini mengatakan bahwa bayi yang diberi ASI selama sembilan bulan, tumbuh secara signifikan dan lebih cerdas daripada mereka yang menyusui hanya selama satu bulan atau kurang. Memberikan ASI sekurang-kurangnya selama 6 bulan dan jika Ibu memiliki kesanggupan, lebih baik jika menyusui hingga anak berusia 2 tahun.

Berikan permainan yang mengasah otak

Anak pintar bisa juga dibentuk dengan permainan yang mengasah otak. Permainan seperti menyatukan warna dan yang sifatnya naik level, permainan teka teki silang, catur dan permainan tebak-tebakan. Permainan lain yang sifatnya pemecahan masalah, melatih untuk berfikir dtrategis seperti Candy Crush Saga juga bisa melatih otak anak agar lebih pintar.

Belajar musik

cara-agar-otak-anak-pintar-mendengarkan-musik

Biasakan anak mendengarkan musik dan beri kesempatan agar mereka belajar musik di sela-sela waktunya. Belajar music merupakan salah satu cara agar otak pintar. Belajar music dengan cara yang mengasyikan bisa membuat seorang anak merasa senang dan bisa melatih kemampuan otak kanan.

Berdasarkan sebuah penelitian oleh para peneliti dari Universitas Toronto, pelajaran musik tampaknya bermanfaat bagi perkembangan IQ dan akademik anak. Penelitian tersebut menemukan bahwa belajar musik di masa kecil akan berpengaruh pada hasil (nilai) yang lebih bagus saat di SMU, dan IQ yang tinggi ketika dewasa.

Biasakan Membaca

cara-agar-otak-anak-pintar-dengan-membaca

Membaca adalah cara kita untuk mengetahui seberapa besar alam ini. Semakin banyak membaca maka wawasan dan pengetahuan anak akan terbuka. Membaca diyakini sebagai salah satu cara ampuh untuk membuat anak lebih pintar. Ajari anak untuk memiliki kegemaran membaca sehingga mereka memiliki kebiasaan ini.

Kebutuhan gizi terpenuhi dengan baik

Ragam makanan bergizi harus tersedia untuk si kecil. Dalam masa pertumbuhan kebutuhan gizi baik harus terpenuhi. Banyak diantara makanan bergizi yang bagus untuk pertumbuhan otak bagi anak usia dini seperti ikan salmon, ikan kod, omega-3 dan saripati ayam.

Memperdalam rasa ingin tahu

Apa pentingnya memperdalam rasa ingin tahu dalam diri anak? Sebagian orangtua, sering melarang anaknya untuk mencari tahu ini dan itu. Mereka lebih senang kalau anaknya tenang, diam dan tidak membuatnya pusing. Padahal tanpa disadari sikap orangtua seperti ini seperti membunuh rasa ingin tahu dalam diri anak.

Lakukan hal sebaliknya, fasilitasi anak agar mereka memperdalam rasa ingin tahunya. Mereka berhak menjadi anak pintar. Rasa ingin tahu melatih kepekaan anak, indra perasa, dan rasa ingin tahu bisa membawa anak untuk menjadi lebih berkembang disbanding anak yang duduk diam tanpa melakukan apa-apa.

Membangun kepecayaan diri anak yang kuat

Ada seorang anak TK, saat tahun ajaran baru sudah berjalan selama 2 bulan, ia belum memiliki seragam karena tidak ada baju yang ukurannya pas. Anak ini harus menunggu dan bersabar karena sedang dijahit baju seragam yang sesuai dengan ukurannya. Pada minggu pertama dan kedua, anak ini masih main bersama dengan teman-temannya dengan asik. Tapi lama-kelamaan anak ini tidak pernah keluar kelas saat istirahat, tidak pernah pergi ke taman sekolah atau bermain di luar.

Apa yang terjadi?

Sanga anak ternyata hilang kepercaya diriannya ketika dia setiap hari melihat teman-temannya datang ke sekolah dengan seragam yang bagus sementara ia menggunakan baju atau dress bebas. Si anak merasa minder dan hilang selera untuk main bersama teman-temannya.

Keadaan seperti ini sebenarnya bisa dilakukan pencegahan atau pemecahan solusi sesegera mungkin. Orangtua harus bisa bekerja sama dengan pihak manapun untuk bisa membangun kepercayaan diri yang kuat dalam diri anak. Dalam kasus tersebut, orangtua harus bisa bekerja sama dengan baik dengan pihak sekolah.

Berikan kalimat-kalimat positif untuk meningkatkan mood anak. Mood yang baik bisa menjadi modal untuk anak untuk menjalani 7 cara tersebut. Semoga berhasil.

Berbagai Sumber

This post has already been read 648 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation