3 Cara Melatih Kemampuan Bayi 0-3 Bulan

Bayi yang baru lahir tentu hanya bisa diam ditempat. Berbeda ceritanya setelah berusia 2-4 minggu. Kemampuan bayi akan bertamabah seperti melirik, menatap dan mendangakkan kepalanya ke arah atas. bayi juga mulai peka dengan cahaya yang mengarah kepadanya.

Semakin usianya bertambah tentu kemampuan bayi juga akan semakin banyak. Kita sering menyebutnya pola bayi yang semakin banyak. Sebenarnya ibu bisa ikut membantunya agar bayi merasa lebih mudah dan semakin cepat bertambah kemampuannya.

3 Cara Melatih Kemampuan Bayi 0-3 bulan yang Aman

1. Mengangkat kepala saat telungkup

Posisi telungkup atau tengkurap untuk bayi merupakan posisi penuh tantangan, begitu juga dengan mengangkat kepala saat telungkup.

bayi 3 bulan

Cara melatih bayi: Letakkan bayi dengan posisi telungkup dan pastikan kepala menoleh ke kanan atau kekiri agar bayi mudah bernafas. Gunakan mainan yang berbunyi untuk menarik perhatian. Letakan di samping bayi dan buatlah suara-suara. Pasang musik atau dengarkan radio juga bisa menarik perhatian bayi. Setelah kepala bayi bisa digerakkan, Ibu bisa merubah posisi dari depan. Ajak bercanda dan buat gerakan yang bisa menarik perhatian agar bayi bisa belajar mengangkat kepalanya.

2. Membalikkan badan

Posisi dari telentang ke telungkup mungkin lebih mudah untuk dilakukan dibanding merubah posisi dari telungkup menjadi telentang bagi bayi. Biasanya tangan yang tertindih badannya sendiri akan mempersulit bayi membalikkan badan.

Cara melatih bayi: ajarkan bayi Anda untuk menggeser tangannya agar mempermudah ruang gerak tubuhnya saat berbalik. Ajarkan posisi tangan yang benar agar bayi bisa melakukan secara reflek untuk selanjutnya.

3. Berguling-guling

Bayi sangat suka berpindah tempat dengan mendorong-dorong dadanya sambil mendorong tubuhnya menggunakan kaki seperti orang wall climbing. Tapi ternyata sebagian bayi merasa ini adalah hal yang melelahkan. Kebanyak bayi lebih suka berguling-guling. Sayangnya ini juga bisa membuat mereka kelelahan dan kehilangan semangat.

Cara melatih bayi: Letakan gambar berwarna-warni agak jauh untuk menyemangati bayi Anda. Atau sesuatu yang ad lampu menyala kedap-kedip juga bisa untuk menarik perhatian si kecil.

Baca Juga:
Apa Sebenarnya Pengaruh Susah Bicara Terhadap Tumbuh Kembang Balita Anda?
Perawatan Bayi Bagi Si Kecil Umur 6-12 Bulan
Pola Pengasuhan Anak Mempengaruhi Karakter Anak

This post has already been read 695 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation