Tips Menenangkan Anak Phobia Gelap Ketika Mati Lampu

Bagi beberapa orang tua yang mengetahui anak phobia dengan berbagai hal, harus memiliki kesabaran ekstra untuk menghadapinya. Pasalnya ketika anak mengalami phobia, mereka tidak bisa mengontrol diri sendiri dan yang ada hanya cemas dan takut. Mereka akan berteriak histeris dan detak jantung akan terus meningkat jika mereka sedang melihat atau berada di lokasi yang mereka takuti.

Salah satu phobia yang sedikit menjengkelkan adalah phobia gelap. Mereka tidak mau tidur dengan kamar dalam keadaan gelap dan takut ketika berada di ruang yang begitu gelap. Lebih repot lagi ketika mati lampu sedang terjadi, orang tua pasti susah sekali menenangkan mereka. Padahal mereka akan ketakutan terus menerus sampai lampu menyala kembali.

Tips Menenangkan Anak Phobia Gelap Ketika Mati Lampu

Salah satu momen yang begitu menyusahkan adalah ketika mati lampu dan anak phobia gelap. Seperti yang telah dijelaskan di atas, mereka akan berteriak histeris dan yang lebih membahayakan mereka akan mengalami sesak nafas hingga lampu menyala. Jika hal itu terjadi bukan tidak mungkin akan membahayakan sang anak. Selain mereka akan terus dihantui ketakutan akan kegelapan, mereka bisa mati karena lemas dan sesak nafas. Ketika sedang mati lampu, orang tua harus bisa menenangkan anak yang phobia dengan kegelapan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan baik itu ketika mati lampu sedang berlangsung ataupun pasca insiden itu.

Tips Menenangkan Anak Phobia Gelap Ketika Mati Lampu

Untuk menenangkan anak phobia gelap ketika mati lampu, orang tua bisa langsung memeluk mereka erat. Pelukan ibu khususnya akan memberikan ketenangan bagi mereka. Dengan pelukan itu anak akan merasa bahwa mereka terjaga dari berbagai hal yang menakutkan ketika gelap melanda. Jika masih juga belum berhasil, ajaklah keluar dari kamar seperti ke ruang tamu dan kumpulkan semua keluarga. Dekatkan anak kepada mereka agar anak merasa terlindungi. Setelah lampu menyala kembali, tetap dampingi anak hingga tidur kembali agar mereka tidak bangun karena kaget. Ajaklah mereka ke psikiater keesokan hari atau ketika waktu libur tiba. Anak phobia gelap atau yang lainnya harus segera diobati agar tidak mengganggu masa depannya.

This post has already been read 1165 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation