Resiko Jangka Panjang Ibu Melahirkan dengan Caesar

Seiring dengan perkembangan teknologi yang membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat dan instan, muncul fenomena yang seharusnya tidak terjadi. Fenomena ibu melahirkan dengan cara caesar. Akhir-akhir ini proses melahirkan dengan cara caesar lebih diminati oleh ibu-ibu yang akan melahirkan daripada proses melahirkan secara normal.

Salah satu alasannya adalah mereka tidak ingin merasakan sakit ketika melahirkan. Padahal sebenarnya ada banyak resiko yang harus ditanggung ketika seorang ibu lebih memilih melahirkan dengan cara caesar daripada secara normal.

Sebenarnya proses melahirkan secara caesar hanya dibolehkan apabila selama masa kehamilan, ibu tersebut mengalami komplikasi. Sehingga apabila tidak mengalami komplikasi, maka pilihan untuk ibu melahirkan secara normal adalah lebih baik, mengingat melahirkan dengan cara caesar juga menimbulkan efek jangka panjang.

proses melahirkan

Salah satunya adalah bekas luka yang akan ada seumur hidup. Mungkin bekas luka ini tidak terlihat atau bahkan bisa dipulihkan dengan krim. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah jaringan parut yang terbentuk dari bekas luka bedah itu. Bagaimana ketika kelak dikemudian hari Anda harus mengalami operasi atau pembedahan karena sesuatu hal?

Selain itu proses pemulihan pasca melahirkan juga membutuhkan waktu lebih lama, sekitar 3 hari. Sehingga Anda harus bed rest untuk menjalani proses penyembuhan. Ibu melahirkan dengan cara caesar juga mempunyai peluang untuk terkena hernia, apabila tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam menjaga dan memulihkan waktu istirahat Anda.proses melahirkan

Satu lagi efek samping ibu melahirkan dengan cara caesar adalah untuk kelahiran selanjutnya, Anda tidak bisa melahirkan lagi secara normal. Artinya Anda mau tidak mau harus menjalani proses caesar lagi untuk kelahiran anak Anda yang kedua. Dan kemungkinan dokter akan memberikan saran supaya Anda tidak melahirkan lagi untuk yang ketiga kalinya, karena pembedahan yang berulang-ulang bisa menimbulkan trauma.

proses melahirkan

Jadi melahirkan dengan proses caesar bukanlah pilihan yang bijak ketika Anda tidak mengalami komplikasi selama masa kehamilan. Melahirkan dengan proses normal lebih dianjurkan walaupun mungkin akan sedikit terasa lebih sakit.

This post has already been read 626 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation