Pengertian Kesehatan Jiwa dan Cara Menjaganya

Pengertian kesehatan jiwa menurut sumber kesehatan adalah keadaan dimana seseorang mengalami kesehatan dalam dirinya, baik itu hati maupun pikiran. Memiliki jiwa yang sehat sangat penting agar kita bisa terhindar dari berbagai macam jenis masalah kejiwaan yang nantinya akan merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

Tolak ukur kesehatan jiwa pada seseorang dapat dilihat dari beberapa cara:

1. Bagaimana perasaan Anda terhadap diri Anda sendiri?
2. Bagaimana perasaan Anda terhadap orang lain?
3. bagaimana kemampuan Anda mengatasi permasalahan hidup yang Anda hadapi sehari-hari?

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut nantinya akan terjawab, mengenai keadaan kesehatan jiwa Anda. Kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan rohani. Sudah pasti sebagai makhluk Tuhan kita harus menjaga kesehatan jiwa kita.

Bagaimana Cara Menajaga Kesehatan Jiwa?

Set Pikiran Untuk Selalu Berfikir Positif

Anda bisa menjaga kesehatan jiwa Anda dengan selalu berpikir positif terhadap keadaan apapun. Semua kejadian yang Anda alami selalu di pasrahkan dan hindari hidup dibawah pikiran yang penuh tekanan.

Cegah Berfikir Negatif

Hidari berprasangka buruk pada sebuah keadaan atau kepada orang lain. Berpikiran negatif hanya akan membuat Anda berpikir dengan tidak jernih. Ini bisa menurunkan kesehatan jiwa Anda.

Cegah berfikir negatif seperti merasa tidak puas dengan pemberian Tuhan, merasa tidak puas dengan pencapaian diri Anda saat ini. Lakukan pencegahan berfikir negatif dengan merasa cukup dengan apa yang ada dihadapan Anda sekarang, cintai dan sayangi orang-orang disekitar Anda untuk menumbuhkan rasa nyaman dan ketenangan.

Set Gaya Hidup Seimbang

Tidak kalah penting, selalu berusaha untuk membuat segalanya seimbang. Antara usaha dan kepsrahan juga harus seimbang. Antara doa dan usaha yang Anda lakukan juga harus seimbang. Semakin seimbang makan kita terhindar dari hal yang berlebih-lebihan dan ini cara yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jiwa.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat meningkatkan kesehatan mental adalah agar Anda dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan Anda. Anda tidak mudah down atau drop ketika ada perubahan di lingkungan Anda sehari-hari. Misal ketika teman kantor Anda yang sudah membangun karier bersama harus pindah ke perusahaan lain, makan mental Anda harus kuat. Tidak kemudian ikut resign atau jadi malas kerja dan hilang semangat.

Manfaat lain dari menigkatkan kesehatan mental adalah agar terhindar dari kecemasan. Sementara kecemasan berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan jiwa. Orang yang sedang cemas bisa berbuat sembrono dan ini bisa membahayak jiwa Anda.

Praktikan cara menjaga kesehatan jiwa dalam kehidupan Anda sehari-hari sebagai tanda syukur kita. Berikan pengertian kepada anak-anak kita bahwa sangat penting untuk menjaga kesehatan jiwa.

(Berbagai Sumber)

This post has already been read 6366 times!

One Thought on “Pengertian Kesehatan Jiwa dan Cara Menjaganya

  1. Pingback: Perut buncit Pada Pria Bisa Jadi Masalah Kesehatan Yang Serius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation