Penanganan Yang Tepat Pada Anak Phobia Gelap

anak phobia gelapSetiap orang pastinya  memiliki rasa takut terhadap sesuatu. Termasuk pada kegelapan. Anak-anak biasanya memiliki rasa takut terhadap kegelapan. Mereka memiliki imajinasi sendiri terhadap gelap yagn mereka lihat seperti adanya hal-hal yang menakutkan misalnya monster, hantu, atau hal lainnya.

Sebagai orang tua, kita wajib membantu menghilangkan rasa takut pada anak kita agar tidak mengganggu perkembangan dari si anak. Maka dari itu sebelum anak phobia gelap lebih tambah parah, ada baiknya Anda melakukan cara untuk mengatasinya.

anak phobia gelap

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menangani anak phobia gelap adalah gunakan lampu tidur pada kamar tidur anak anda. Anak dengan phobia gelap tidak bisa tidur dengan lampu menyala. Oleh sebab itu gunakanlah lampu tidur dengan cahaya yang cukup sehingga bisa membuat anak Anda tidur nyenyak. Yang kedua adalah mintalah anak Anda untuk menceritakan apa yang mereka rasakan dan pikirkan saat mereka di kegelapan. Yakinkan kepada buah hati Anda bahwa tidak ada apa-apa di ruangan yang gelap dan tidak akan terjadi sesuatu.

Cobalah untuk tidak menutup pintu kamar tidur anak Anda agar cahaya dari luar kamar dapat masuk. Ruangan lain juga jangan dimatikan. Setelah anak Anda tidur, Anda bisa mematikan lampunya. Bila perlu Anda bisa memasang saklar dimmer pada kamar ana Anda. Saklar dimmer dapat meringankan anak phobia gelap karena saklar ini dapat diatur tingkat kecerahannya. Muali dari membiasakan anak pada cahaya yang redup hingga hampir gelap. Dengan melakukan cara ini maka anak Anda akan mulai terbiasa dengan gelap sehingga akhirnya mereka bisa tidur dengan lampu dimatikan.

anak phobia gelap

Tips terakhir untuk menangani anak phobia gelap adalah duduklah bersama anak Anda di ruang tidurnya dengan lampu dimatikan. Temani dia hingga anak Anda tertidur sampai anak Anda benar-benar menyesuaikan dengan cahaya lampu dan anak menyadari bahwa dia masih bisa dapat melihat ruangan dalam cahaya yang gelap. Selain beberapa cara tersebut dilakukan, dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitarnya sangat berpengaruh untuk menyembuhkan anak dari phobia gelap.

Menakut-nakuti anak justru akan membuat anak tidak bisa menghadapai ketakutannya sendiri. Beberapa anak umumnya merasa takut setelah melihat tontonan seram. Dampingilah anak Anda saat sedang menonton film atau tayangan yagn seram dan berikan pengertian mengenai tayangan tersebut.

This post has already been read 900 times!

One Thought on “Penanganan Yang Tepat Pada Anak Phobia Gelap

  1. Pingback: 3 Cara Mengatasi Anak Susah Tidur | A Good Parenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation