Mispersepsi Orang Tua Saat Menyuruh Anak Makan

Ada mispersepsi orang tua saat menyuruh anaknya makan. salah satu akibatnya bisa mengembangkan perilaku kurang baik seorang anak saat makan. Ujung-ujungnya ada penurunan selera makan dan berakibat pada kesehatan anak

Kebanyakan orang tua suka sekali memaksa anak menghabiskan makan dengan porsi yang banyak dan harus habis. Kadang orang tua tidak perduli anaknya sudah kekenyangan. Mispersepsi orang tua jelas terlihat dari kebiasaan saat menyuruh makan seperti itu. Ini sebenarnya bisa menghilangkan selera makan anak.

Tips Good Parenting

1. Saat menyuruh anak makan jangan dengan paksaan dan nada bicara seperti marah-marah. Bila ini terjadi anak akan merasa bahwa makan adalah sebuah hukuman. Karena pada usianya memang anak belum mengerti tentang fungsi atau manfaat makan.

2. Mengajarkan makan harus habis sangat baik, bila ingin menerapkan ini silakan berikan anak dengan porsi sesuai kesanggupan anak.

3. Orang tua perlu aktif dalam memperkenalkan semua bahan makanan kepada anak. Perkenalkan nama dan rasa serta semua asupan gizi sejak anak masih kecil.

4. Ciptakan menu dengan cara yang kreatif. Buat menu sehat untuk anak dengan gizi yang cukup. Anak merasa ada perhatian lebih dengan disuguhkan bentuk-bentuk menarik dan ini dapat memancing selera makan anak.

5. Anak selalu mencontoh kepada orang tua, jadi berikan contoh saat makan yang baik. Tunjukan pola makan yang sehat dan pola makan yang benar.

Berbagai Sumber

This post has already been read 631 times!

One Thought on “Mispersepsi Orang Tua Saat Menyuruh Anak Makan

  1. Pingback: 3 Langkah Tepat Agar Anak Mau Makan | Citacitabunda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation