Ketahui Cara Mengatasi Takut Gelap

Agar rasa ketakutan khususnya takut gelap tidak terbawa hingga dewasa, pada usia 9-10 tahun anak harus mendapatkan perlakuan yang tepat. Orangtua bisa membantu dengan membiasakan perilaku sehat seperti pola tidur yang sehat. Bantu anak dengan mengantarnya tidur dan menciptakan ruang dan keadaan yang nyaman untuk anak sebelum ia tidur dan ditinggalkan sediri.

Atur kegiatan anak dengan baik. Kegiatan yang banyak menyita tenaga seperti bermain lari-larian diberhentikan sekitar 2-3 jam sebelum anak pergi tidur. Duduk bersama, menonton atau membacakan buku cerita bisa menjadi pilihan yang tepat. Anak bisa relaks, dan disaat pikiran anak mulai relaks, orangtua menceritakan hal-hal yang memiliki nilai positif.

Orangtua bisa memasukkan bermacam pesan melalui cerita pada saat anak ingin pergi tidur. Anda bisa mencobanya mulai tetang anak pemberani, anak baik hati, anak yang perduli lingkungan, anak yang suka menolong, anak yang suka beramal atau apapun yang memiliki nilai kebaikan.

Anak sangat menikmati situasi seperti ini. Menurut sebagian orangtua moment ini adalah cara paling efektif mendekatkan anak dengan orangtua.

Berbagai Sumber

This post has already been read 560 times!

One Thought on “Ketahui Cara Mengatasi Takut Gelap

  1. Pingback: Mengapa Kita Takut Gelap?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation