Bahaya Anak Kecanduan Video Games

Anak Anda suka bermain video games?  Jika ya, sebaiknya sebagai orangtua kita mencari tahu  bahaya anak yang terlanjur kecanduan dengan video games. Perhatikan dan berikan batasan dengan cara yang tepat.

Video games adalah salah satu jenis permainan yang sangat digemari oleh anak-anak. Secara visual permainan video games memang sangat menarik perhatian anak. Berbeda dengan anak-anak pada jaman dahulu, anak-anak jaman sekarang lebih memilih duduk berjam-jam didepan layar televisi atau komputer untuk bermain video games. Perkembangan permainan video games ini semakin banyak pilihannya, tentu akan diiringi oleh dampak buruk yang ditimbulkan dari kebiasaan anak bermain video games.

Apabila kita perhatikan, bahaya dari anak yang kecanduan video games ini berdampak buruk tidak hanya secara fisik, melainkan juga untuk perkembangan jiwa anak. Anak yang hobi bermain video games, akan cenderung menghabiskan waktu berjam-jam hanya duduk dan memandangi layar, dampaknya, mereka jarang melakukan aktivitas fisik.

Walaupun jenis permainan dari video games saat ini telah berkembang, bahkan ada yang dibuat lebih interaktif dan membutuhkan gerak tubuh, namun belum juga dapat menandingi manfaat aktivitas lari, melompat, atau permainan olah tubuh lainnya. Selain itu, bahaya lain yang menghantui anak adalah kemungkinan terganggunya kesehatan mata pada anak.

Anak yang banyak menghabiskan waktu di depan layar televisi atau komputer akan lebih mudah mengalami kelelahan pada syaraf mata. Hal ini dikarenakan mata yang terus-menerus terkena cahaya dari televisi atau komputer. Lebih jauh lagi, dampak ini tidak jarang mengakibatkan penglihatan anak menjadi rabun. Karena itu, tidak jarang anak pada usia dini telah banyak yang menggunakan kacamata. Hal ini salah satunya karena seringnya berhadapan dengan layar televisi atau komputer.

bahaya-anak-kecanduan-video-games-thumbnail

Kemudian, dari segi psikologi atau kejiwaan, bahaya dari kecanduan video games ini juga cukup mengkhawatirkan. Banyak jenis permainan video games yang berisi adegan kekerasan, hal ini dapat membahayakan kejiwaan anak karena anak akan cenderung meniru hal-hal tersebut. Untuk itu, orang tua perlu cermat dalam memperhatikan jenis permainan yang dipilih.

Selain itu, menurut beberapa ahli psikologi, anak yang kecanduan bermain video games akan cenderung berperilaku lebih agresif dan kurang baik. Terutama bagi anak yang addict main video games peperangan. Tidak jarang juga diantara mereka yang menjadi ansos (tidak peduli dengan lingkungan sekitar) karena terlalu banyak berinteraksi dengan layar televisi atau komputer.

This post has already been read 588 times!

One Thought on “Bahaya Anak Kecanduan Video Games

  1. Pingback: 3 Cara Menghabiskan Waktu Bersama Anak Saat Diluar Hujan Seharian | A Good Parenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation