Apakah Sang Anak Mengidap Skizofrenia? Deteksi Sedini Mungkin

Penyakit Skizofrenia tentu jadi momok yang menakutkan bagi para orang tua yang memiliki anak yang terdeteksi untuk sangat mungkin mengidap penyakit tersebut. Lalu apakah Skizofrenia ini ?

Penyakit Skizofrenia adalah penyakit gangguan mental yang memiliki tanda-tanda seperti kelainan dalam pengungkapan persepsi atau realitas. Biasanya anak yang mengidap Skizofrenia akan sering berhalusinasi di pendengarannya dengan mendengar secara terus menerus atau mungkin merasa diikuti oleh agen khusus mata-mata.

Kecerdasan Bayi Yang Dekat Dengan Ayahnya Lebih Tinggi

Tetapi jika usianya masih sangat dini yaitu pada usia balita, Skizofrenia ini sulit dibedakan dengan gangguan lainnya seperti ADHD, Sindrom Asperger, dan juga Autisme. Untuk mendapatkan diagnosa yang akurat, harus dilakukan oleh tenaga ahli yang memang berkompeten dalam bidang ini yaitu psikolog ataupun psikiater.

Walaupun begitu, ada beberapa ciri mencolok yang dapat termasuk ke dalam tanda atau gejala si anak mengidap Skizofrenia ini :

  • Melontarkan pikiran dan ide aneh atau tidak biasa.
  • Berhalusinasi seperti mengatakan bahwa ia mendengar dan melihat berbagai suara yang tidak nyata.
  • Anak yang tadinya sudah dapat mandiri malah kembali manja kepada orang tuanya.
  • Terkadang si anak mengatakan kecemasan, ketakutan bahkan ide anehnya.
  • Sering sedih dan murung dalam waktu lama tanpa penyebab yang jelas.
  • Si anak yang tadinya mudah bergaul dan aktif tiba-tiba jadi pemalu dan memiliki dunianya sendiri.

Itulah kurang lebih ciri-ciri umum dan yang paling gampang kita amati jika ingin mengetahui apakah anak kita mengidap Skizofrenia atau tidak. Namun jangan khawatir, di Indonesia sudah ada kok beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit gangguan mental ini.

Beberapa Ganguan Pencernaan Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Dikatakan oleh Prof. Robert Lamelson yang merupakan antropolog dan juga peneliti di University of California Los Angeles (UCLA), bahwa masyarakat Indonesia itu memiliki karakter yang ramah dan senang membantu sama lain, dan hal ini baik serta menjadi peran besar untuk proses penyembuhan si penderita Skizofrenia ini. Maka dari itu proses penyembuhan yang ada di Indonesia untuk penyakit ini lebih baik loh dibandingkan di Eropa dan Amerika.

Skizofrenia

This post has already been read 343 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation