Apa Itu Penyakit Bipolar?

Belum selesai dengan kasus tentang artis dalam negeri, Marshanda yang katanya mengidap penyakit bipolar beberapa hari lalu juga ada komedian Hollywood, Robbin Williams yang ditemukan meninggal karena bunuh diri di rumahnya . Aktor dan komedian ternama ini berjuang keras mengalami depresi yang dialaminya. Robin diketahui menderita bipolar.

Sebenarnya apa itu penyakit bipolar, apakah sangat berbahaya hingga orang bisa bunuh diri?

Bipolar adalah salah satu penyakit kelainan jiwa yang membuat penderitanya mengalami perubahan perasaan, mode, karakter dan pembawaan diri. Mood orang tersebut juga berubah mengikuti karakter yang sedang mewakili dirinya. Pada periode tertentu akan bergantian mengisi hidup si penderita bipolar.

Akan menjadi sulit bagi seseorang yang mengalami bipolar karena lonjakan perubahan emosi yang dirasa bisa menguras energi. Suatu saat bisa sangat bersemangat, berenergi dan berkobar-kobar untuk melakukan sesuatu tapi di waktu lain bisa sangat depresi dan merasa hidupnya gagal, mengecewakan bahkan bunuh diri dianggap solusi yang paling tepat.

Ide bunuh diri biasanya terpikir saat penderita bipolar mengalami depresi. Periode depresi adalah waktu sulit untuk mereka. Mood susah dikontrol bahkan pikirannya juga tidak sehat. Susah diberikan masukan maka itu kadang dokter memberikan mereka obat tertentu untuk membantu si penderita melewati periode depresi tersebut.

penyakit bipolar

Sebagai orangtua sebaiknya kita memperhatikan fase perkembangan anak termasuk memperhatikan psikologisnya. Jangan tinggalkan anak ketika ia membutuhkan kita sebagai pembimbing. Terus berikan dukungan agar penyakit bipolar ini tidak dialami oleh anak kita.

Baca Juga:

Kisah Inspiratif: Linda dan Timmy yang Hidup Tanpa Tangan

Cara Mengajarkan Kasih Sayang Kepada Anak Dengan Cerita Bergambar Hewan

Menyapih dengan Cara Berdiskusi Kepada Anak Untuk Menghindari Trauma di Masa Kecil

This post has already been read 618 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation