Virus MERS Penyakit yang Sedang Mengintai Keluarga

Ada dua penyakit yang sedang mengintai keluar Anda, terutama si kecil. Virus MERS dan flu Singapore disebut-sebut sebagai penyakit yang sedang banyak menumbangkan sejak 2 bulan belakangan.

Tante saya, yang bertugas di RS Jakarta pagi ini memberitahukan bahwa tim di rumah sakit tersebut belakangan sangat aktif untuk mensosialisasikan penyakit demam yang disebabkan oleh virus MERS. Mereka melakukan penyuluhan melalui komunitas, radio dan perorangan secara langsung.

Middle East Respiratory Syndrome (MERS) merupakan satu penyakit yang datang dari negara Arab Saudi. Menurut Metro TV News, hingga pagi ini dikabarkan sudah 112 orang menjadi korban tewas virus ini. Sementara ada 411 orang terinfeksi MERS di Arab Saudi. Tempo juga mengabarkan satu orang warga Indonesia, Nurhayati Ahmad Amin meninggal akibat virus MERS di RS King Saud, Jedah, Arab Saudi.

Mengerikan sekali, menurut WHO ada 1 orang dari 3 orang yang berkemungkinan meninggal karena terinfeksi virus MERS.

Gejala Penyakit MERS

  • Mirip flu biasa dan disertai batuk dan demam, tetaplah hati-hati Anda perlu waspada
  • Terjadi diare pada sebagian kasus
  • Penderita sesak nafas
  • Urine berwarna keruh seperti warna teh
  • Fisik menjadi mudah lelah

Bahaya Penyakit MERS

Kesehatan penderita akan terus menurun karena jika imun tubuh menurun maka virus akan menyerang organ hati dan ginjal. Itulah sebabnya ada sebagian dari penderita MERS tidak bisa bertahan.

Banyak BC beredar virus MERS masuk ke Indonesia, lebih tepat di daerah Bali dan Surabaya. Tetap waspada dan jaga kesehatan keluarga Anda. Faktanya penyakit ini sudah nyebrang jauh ke Amerika. New York Times melaporkan (2.5.2014) seorang pria, petugas kesehatan di Indiana yang baru kembali dari Arab Saudi sudah terjangkir virus MERS.

Penanganan Penyakit MERS

Penderita MERS harus segera di isolasi dan mendapat perawatan sekaligus observasi. Bila anak kecil yang terkena akan sangat rewel dan kesulitan untuk tidur. Berikan perawatan dan kenyamanan untuk si kecil dengan cara yang benar.

virus MERS

Terus jaga kesehatan keluarga. Ibu bisa melakukan pencegahan dengan cara berikut ini:

  • Hindari kerumunan orang banyak yang sedang batuk seperti rumah sakit, mall dan tempat umum lainnya.
  • Gunakan masker
  • Cukupi kebutuhan istirahat agar tubuh Anda dan si kecil tetap fit
  • Jaga pola makan dan pilih makanan sehat dan menu yang bergizi

Semoga info tentang virus MERS diatas bisa bermanfaat dan sedikit membantu Ibu dalam menjaga kesehatan keluarga. Bila Ibu memiliki info lain silakan komentar.

Baca Juga:

Anak Tantrum

Pengaruh Kasih Sayang OrangTua Pada Psikologi dan Tumbuh Kembang Anak

3 Cara Pendampingan Pada Anak Saat Usia Remaja Dalam Memilih Teman

This post has already been read 947 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation