Tips Mengatur Waktu Tidur Anak

Anak Susah Tidur Di Malam Hari
Semua berawal dari cara mengatur waktu anak mulai dari pagi hari. Bangun tidur terlalu siang juga kerap menjadi permasalahan anak susah tidur di malam hari.

Mengapa bangun tidur sangat berpengaruh? Jadwal sarapan, mandi pagi sampai semua runtunan kegiatan anak selama sehari akan bergeser waktunya. Pada akhirnya semua jadi tertunda, anak susah tidur di malam hari dan semestinya tidak demikian.

Tips Mengatur Waktu Tidur Anak

1. Biasakan anak bangun pagi

tips-mengatur-waktu-tidur-anak-biasakan-bangun-pagi
Bangun pagi hari memiliki 3 manfaat jitu yang bisa membuat mood seseorang lebih baik. begitu pula tugas kita sebagai orangtua adalah harus pintar dalam mengatur waktu tidur anak.

2. Fasilitasi anak untuk memiliki kegiatan positif selama seharian
Berikan mainan yang menyenangkan. Hindari film horor di malam hari yang bisa menghantui si kecil sebelum tidur. Kebanyakan kasus anak susah tidur disebabkan kecapekan, film horor, dan kegiatan kurang positif (kesalahan kecil yang bisa dilakukan anak).

3. Perhatikan porsi makanan anak Anda

tips-mengatur-waktu-tidur-anak-porsi-makan

Credit : Zori Huang via Flickr

Perlu diperhatikan, sebaiknya tidak memberikan makanan yang terlalu mengenyangkan menjelang waktu tidur. Makan berlebihan bisa membuat anak merasa penuh dan tidak nyaman. Sebaliknya, rasa lapar karena kurang makan juga bisa membuat anak gelisah. Bila ini terjadi biasanya anak rewel menjelang waktu tidur.

4. Edukasi
Memberi penjelasan kepada anak tentang mengatur waktu tidur yang baik. Biarkan anak belajar memahami bahwa lama waktu tidur dapat mempengaruhi kesehatannya.

5. Interior kamar anak
Atur penataan atau interior kamar tidur yang nyaman bagi anak untuk menghindari susah tidur. Gambar tokoh kesukaan anak yang berada di tirai, seprei bantal atau selimut dipercaya bisa membuat anak merasa lebih senang dan nyaman menjelang waktu tidur.

Berbagai Sumber

This post has already been read 670 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation