Tips Kesehatan Keluarga: Cara Agar Sekeluarga Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Tips kesehatan yang akan dibahas kali ini perlu diketahui oleh para Ibu dan Ayah di rumah agar bisa membangun keluarga yang sehat. Makna sehat dalam postingan ini bukan hanya sehat secara fisik, tapi juga secara psikologis. Langsung saja simak tips kesehatan di bawah ini:

Tips Kesehatan

Tips Membangun Keluarga dengan Gaya Hidup yang Sehat

– Anda dan keluarga perlu memiliki waktu rutin untuk mengecek kesehatan baik itu mata, telinga, kaki, kepala dan lainnya. Misalnya, Anda dan keluarga merencanakan jadwal pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali sehingga pertumbuhan dan kesehatan gigi Anda dan keluarga terjaga.

Gaya Hidup Sehat

– Anda tidak dianjurkan untuk mengajak keluarga Anda ke rumah sakit umum. Sebaiknya pilihlah rumah sakit Ibu atau rumah sakit anak atau tempat praktek dokter yang terpisah. Hal ini dikarenakan rumah sakit banyak menyimpan kuman penyakit yang berpotensi menularkan penyakit dan juga suasana yang tidak nyaman.

– Pilihlah pakaian Anda dan keluarga yang tidak terlalu ketat apalagi pada bagian selangkangan, perut, ketiak dan leher agar terhindar dari iritasi dan luka. Apalagi bayi dibawah usia satu tahun memiliki lapisan kulit epidermis atau lapisan paling luar kulit yang lebih tipis hingga 20-30% dari orang dewasa. Selain itu bagi ikatan dasi yang sangat ketat dapat membahayakan karena sirkulasi darah ke otak dan kepala akan terhambat. Kemudian celana yang ketat akan meningkatkan produksi cairan asam lambung.

– Selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa obat sebelum Anda memberikan obat pada keluarga Anda. Jika Anda tidak hati – hati memberikan obat yang tepat apalagi sudah kadaluarsa, maka keluarga Anda dapat menderita kerusakan hati, iritasi lambung dan gangguan fungsi ginjal. Oleh karena itu, jangan buang kemasan obat agar Anda tetap bisa mengecek tanggal kadaluarsanya.

– Berhati-hatilah memberikan obat karena tidak semua obat yang manjur untuk Anda akan manjur pula untuk anak Anda. Karena setiap orang memiliki dosis yang berbeda dan dapat memiliki reaksi yang berbeda pada setiap obat. Oleh karenanya, konsultasikan terlebih dahulu obat tersebut dengan dokter atau baca petunjuk kegunaannya.

Itu lah beberapa tips-tips kesehatan untuk keluarga Anda yang semoga bermanfaat bagi Anda dan juga keluarga.

This post has already been read 622 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation