Susah Makan Selama Kehamilan Trimester Pertama

nutrisi ibu hamil

Keluhan selama hamil yang paling mengganggu biasanya mual muntah setiap pagi hari. Bagi sebagian ibu hamil, mual muntah tidak hanya terjadi saat pagi hari saja, tentunya ini terasa mengganggu sekali ya, Bu. Kalau hal ini terus terjadi bagaimana nutrisi ibu hamil bisa tercukupi?

Susah makan selama trimester pertama merupakan masalah yang sangat umum. Pada trimester pertama memang sangat wajar bila ibu hamil mengalami keluhan mual muntah, kepala terasa pusing nyut-nyutan, susah makan bahkan terasa sering ngantuk. Semua keluhan itu sebenarnya berawal dari satu sebab yaitu susah makan.

Cara mengatasi susah makan saat kehamilan trimester pertama

Mulai dari awal kehamilan ibu hamil tidak boleh mengabaikan asupan gizi agar tidak menghambat perkembangan janin. Tapi kalau susah makan bagaimana nutrisi ibu hamil dapat terpenuhi? Begini cara mengatasi susah makan..

Berpikiran positif

Dilarang keras menganggap bahwa kehamilan adalah sebuah penderitaan atau siksaan yang tiada akhir. Segala sesuatu dimulai dari cara kita berpikir. Jadi cobalah untuk berpikir positif dan mensyukuri kehamilan ini.

Makan cemilan bergizi

Kadang saat mual muntah rasanya enggan sekali untuk makan nasi, kita bisa siasati dengan makan cemilan bergizi. Pilih roti atau krakers yang mengandung sayuran. Ikuti selera, bila sedang ingin makan manis bisa pilih sereal atau cookies, bila ingin makanan asin selalu sediakan krakers sehat dirumah.

nutrisi ibu hamil

Bila tidak selera dengan cemilan, tetap makan buah. Buah kaya akan vitamin. Kandungan vitamin dari buah segar sangat alami, ini sangat baik untuk kesehatan.

Minum susu ibu hamil

Jangan pernah putus minum susu ibu hamil. Dengan rutin meminum susu ibu hamil, bisa membantu pemenuhan nutrisi ibu hamil. Bila terasa mual, pilih saja dengan varian rasa sesuai selera. Usahakan perut tetap terisi sekalipun terasa susah makan selama masa trimester pertama agar ibu dan janin sehat.

This post has already been read 4282 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation