Sering Mengigau dan Menangis, Ada Apa Dengan Si Kecil?

Sering kali terjadi, kita mengantar si kecil tidur dan diawali dengan doa tapi saat tengah malam masih terdengar suara rintihan, anak mengigau dan menangis. Keadaan ini tentu membuat kita sebagai orangtua penasaran. Katanya, anak mengigau dan menangis pada malam hari karena kelelahan main di siang hari. Apa benar itu penyebabnya?

Penelitian Tentang Gangguan Tidur

Ternyata menurut penelitian di tahun 1993, Tirosh menyebutkan bahwa ada penderita asma dan alergi tertentu sering disertai oleh pengalaman gangguan tidur. Gangguan berupa sering terjaga di waktu tidur akhirnya lama tidur lebih pendek daripada waktu terjaga di malam hari. Ini hanya beberapa dari sebab utama yang mengganggu kualitas tidur malam si kecil ya bu.

anak mengigau

Menurut Bunda Konicare, Gangguan tersebut bukan melulu sekedar terlalu lelah. Faktor yang mengakibatkan tidur malam si Kecil terganggu diantaranya adalah gangguan pada bagian tubuhnya seperti nyeri pencernaan, nyeri pada kaki dan tangan atau alergi makanan.

Bila alergi dan gangguan pencernaan berat biasanya disertai kolik atau jertan dan tangisan. Tapi bila tidak berat, biasanya anak menangis atau hanya mengigau saja.

Cara mengurangi anak mengigau dan menangis saat tidur

Belum ada cara yang jelas untuk mengatasi, tapi dengan cara ini kemungkinan waktu terjaga anak bisa berkurang dan kualitas tidur si kecil lebih baik. Simak cara meminimalisir gangguan tidur pada anak berikut ini..

1. Perhatikan Makan Anak

Makan tepat waktu dan tidak memberi makan yang terlalu pedas. Makanan terlalu pedas tidak baik untuk pencernaan si kecil.

Beri makan dengan porsi yang cukup. Tidak perlu berlebihan sehingga anak menjadi sebah dan jangan sampai porsinya kekurangan sehingga anak menjadi kembung karena masuk angin.

2. Toilet Training

Biasakan buang air kecil sebelum tidur agar anak tidak gelisah di malam hari. Begitu juga untuk BAB bila dirasa perlu. Bila si kecil merasa urusan buang air sudah tuntas, maka mereka akan merasa lebih tenang.

3. Sesuaikan Pakaian Anak dan Suhu Ruangan

Biasanya si kecil tidur dengan piyama atau baju tidur yang membuatnya nyaman. Bila suhu diluar sedang dingin dan kamar menggunakan AC sebaiknya tidak menggunakan pakaian yang serba pendek sehingga anak tidak kedinginan dan membuatnya tidur tidak tenang di malam hari. Gunakan selimut dan usapkan minyak telon untuk menghangatkan bila perlu.

Begitu pula sebaliknya ketika suhu sedang panas, tidak perlu menutup tubuh si kecil dengan selimut tebal-tebal.

4. Biasakan Berdoa Sebelum Tidur

Berdoa sebelum tidur akan membuat si kecil semakin tenang. Kalaupun mereka belum mengerti, membiasakan berdoa sangat penting untuk dimulai dari anak masih kecil. Jadi sebelom anak tidur, hentikan bercanda dan mulailah berdoa.

Dengan melakukan hal-hal di atas, orangtua telah berusaha untuk menjaga si kecil agar tidak terjadi anak mengigau dan menangis pada malam hari.

Baca Juga:

Anak Terkena Air Panas, Segera Lakukan Ini!

3 Cara Pendampingan Pada Anak Saat Usia Remaja Dalam Memilih Teman

Menyajikan Sepiring Makanan Sehat Untuk Si Kecil

This post has already been read 9459 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation