Senam Hamil: Beragam Manfaat bagi Ibu Hamil

Berolahraga, seperti senam hamil, sangat bermanfaat bagi kesehatan sang ibu dan janinnya supaya tetap dalam keadaan sehat dan bugar dalam mempersiapkan proses persalinan pada nantinya. Senam hamil merupakan salah satu cara untuk menjaga usia kandungan agar aktivitas saat kehamilan ini dan persalinan berjalan dengan lancar. Sepertinya sekarang ini senam hamil telah menjadi sebuah tren baru dalam pergaulan bumil (ibu hamil). Sering kali dijumpai berbagai tempat khusus senam hamil  yang didatangi para bumil yang berbondong-bondong mengikuti senam hamil.

Hal ini pun juga direkomendasikan oleh para ahli dokter kandungan. Namun, kadang ada beberapa bumil yang sekadar mengikuti senam hamil hanya untuk ikut-ikutan tren ini tanpa mengetahui lebih jauh apa saja kegunaan senam hamil ini untuk mereka dan buah hati di dalam kandungan. Salah satu metode senam hamil yang gencar diperbincangkan adalah senam hamil dengan metode pilates. Terdapat 8 prinsip utama yang meliputi konsentrasi, pernapasan, pemusatan pergerakan, pengaturan gerakan, presisi dalam gerakan, isolasi otot yang dilatih dan rutinitas.

Senam Hamil

Senam hamil biasanya mulai dilakukan saat usia kandungan berusia 8 bulan, tetapi untuk metode pilates ini dianjurkan sudah dimulai sejak trimester pertama (1-3 bukan).

Manfaat Senam Hamil

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika mengikuti senam hamil secara rutin:

1.  Membantu tidur lebih nyenyak

Seperti yang sudah diketahui, saat hamil berarti waktu tidur berkurang karena biasanya wanita hamil sering mengalami masalah sulit tidur.

2.  Meningkatkan kebugaran tubuh

Wanita hamil seringkali merasakan letih lesu. Dengan senam hamil, kekuatan otot dan sirkulasi darah menjadi meningkat sehingga tubuh tidak terasa cepat lelah.

3.  Mengurangi resiko konstipasi

Latihan senam hamil membantu kinerja usus dalam mengurangi proses konstipasi (sembelit) saat hamil.

4.  Mempersiapkan persalinan

Menjalankan rutinitas senam hamil sama saja dengan membantu untuk meningkatkan stamina serta membangun mental yang dapat membantu memperlancar proses persalinan.

5.  Mempercepat pemulihan tubuh setelah melahirkan

Mengikuti kelas senam hamil membantu mempertahankan kebugaran tubuh sehingga proses pemulihan fisik dan juga psikologis menjadi lebih cepat.

This post has already been read 496 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation