Senam Bagi Ibu Hamil Yang Baik Dan Benar

Melakukan senam bagus untuk kesehatan ibu hamil. Bila tidak sempat ikut kelas kesehatan atau kelas senam, sebenarnya ibu hamil bisa melakukan sendiri di rumah. Siapkan ruang yang nyaman dan perlengkapan yang tepat.

Akan tetapi jika ingin melakukan senam sendiri, ibu hamil perlu memperhatikan hal yang berikut ini,

4 Hal yang Perlu diperhatikan Saat Senam Sendiri bagi Ibu Hamil

1. Tidak berlebihan

Melakukan senam hamil secara berlebihan hanya akan membuat ibu hamil kehabisan tenaga. Perhatikan riwayat kesehatan. Bagi ibu yang memiliki anemia tentu menguras tenaga saat hamil secara berlebihan tentu bisa membahayakan kesehatan. Tidak perlu dilakukan terlalu sering, cukup 1 – 3 kali dalam seminggu.

2. Siapkan tempat yang pas

Kita bicara tentang melakukan senam hamil sendiri, bukan mengikuti kelas kesehatan untuk ibu hamil. Jadi sebaiknya ibu hamil tetap siapkan matras atau alas yang empuk, handuk dan air putih. Lakukan diruang terbuka pada pagi hari mungkin akan membuat ibu lebih segar.

3. Ketahui jenis senam hamil

Dari banyak jenis dan gerakan senam, sebaiknya ibu tau mana gerakan yang terbaik untuk ibu hamil. Ketahui juga mana gerakan yang bisa melatih pernafasan untuk melancarkan persalinan.

4. Tahu waktu

Waktu disesuaikan dengan kemampuan tubuh saja. Misal lakukan 15 menit, setalah itu senam selanjutnya bisa perpanjang waktu jadi 20 menit dan perpanjang waktu secara bertahap sesuai kesanggupan tubuh.

Hal yang paling penting ibu hamil tidak boleh memaksakan tubuh untuk melakukan senam secara berlebihan. Lakukan sesuai kemampuan. Ini adalah salah satu persiapan untuk melancarkan persalinan. Semoga ibu dan bayi selamat dan sehat.
Dapatkan info lengap lainnya tentang senam hamil di sini.

This post has already been read 705 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation