Sedih Melihat Rewel Saat Sakit? Cek Barangkali Anak Sedang Masuk Angin

Istilah masuk angin mungkin tidak bisa kita dengar bila kita memeriksakan anak ke dokter. Tapi istilah ini tentu sudah umum dikalangan kita. Masuk angin pada anak juga mungkin sering Ibu temukan, tapi kadang kita terlambat menyadarinya.

Ciri-ciri anak masuk angin yang harus diketahui

1. Mual dan Muntah

Biasanya anak mudah merasa mual. Bila anak belum mengerti rasa mual kita bisa lihat dari selera makan yang menurun drastis. Biasanya anak juga muntah ditengah-tengah makan atau setelah makan. Minum terlalu banyak juga bisa membuatnya muntah.

2. Cepat berubah suhu tubuhnya

Salah satu ciri masuk angin pada anak juga bisa diketahui dari suhu tubuh yang berubah-ubah. Pada sore dan malam hari biasanya terasa tubuhnya anget. Tidak demam tapi bersamaan suhu tubuh yang meningkat anak merasa mudah kedinginan. Di saat pertiga malam atau menjelang pagi suhu tubuh anak menurun. Bahu dan punggungnya dingin. Sediakan termometer atau alat pengukur suhu tubuh dirumah agar Ibu merasa yakin suhu si kecil masih dalam batas wajar.

3. Minum obat penurun demam efek hanya sementara

Masuk angin pada anak memang membuat anak jadi rewel. Umumnya anak tidak bisa mengutarakan, namun ibu mesti cepat tanggap soal hal ini. Kadang untuk meredakan nyeri dan demam kita memberinya obat penurun demam. Untuk anak yang sedang masuk angin minum obat penurun demam efeknya hanya sementara saja karena obat tersebut belum tentu bisa mengatasi masuk angin hingga tuntas, mungkin nyerinya saja yang berkurang.

anak sakit masuk angin

Mengetahui saja tidak cukup. Ibu harus mengerti apa yang harus dilakukan bila menemukan keadaan tersebut pada si kecil. Pada malam hari sesekali anak juga mungkin batuk dan terdengar suara “ukhkung” saat ia batuk.

Apa yang perlu dilakukan saat anak sedang masuk angin?

Biasanya saya mengompres dengan air hangat. Ini berguna untuk menurunkan suhu tubuhnya. Selain itu saya memberi si kecil sari kurma sehari 2 kali masing-masing 1 sendok makan.

Bila tubuh si kecil masih kaku, perut kembung dan belum bisa tidur nyenyak maka saya akan membaluri si kecil dengan minyak telon yang hangat. Bila masuk angin sudah sangat parah, saya gosokan bawang merah yang sudah saya memarkan dan dicampurkan dengan minyak telon. Aroma bawang mungkin akan tercium namun ini juga bisa melancarkan pernafasan selain itu rasa hangat alami juga aman untuk anak.

Baca Juga:

Membuat Makanan Sehat Bubur Bayi Rumahan
Makanan Sehat Untuk Balita: Telur Hingga Susu
2 Ciri Umum Anak Autis
Ketahui Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil dan Anak-Anak
Waspadai 5 Makanan Pemicu Alergi Untuk Anak

This post has already been read 1208 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation