Penyebab si Kecil Tak Suka Sayur dan Solusinya

Rasanya sulit sekali membujuk si kecil yang tak suka sayur untuk mau makan sayur satu sendok saja. Banyak sekali alasannya, yang pahitlah, warnanya aneh hijau gelap ataupun baunya yang tidak harum saat selesai dimasak.

Apakah ibu sering mengalami hal seperti ini? Begitupun dengan yang saya alami. Yuk kita kupas apa penyebab dan apa solusi bagi si kecil yang tak suka sayur.

Penyebab Anak Tak Suka Sayur

  • Menu dan cara pengolahannya membuat si kecil tak suka sayur, dan menganggap sayur makanan yang tidak enak
  • Makanan halus diblender campur aduk, alhasil si kecil malas mengunyah. Mungkin menurut ibu baik agar si kecil jadi gampang menelan sayur, tapi efeknya justru terbalik. Padahal sayur itu penuh serat dan harus dikunyah.
  • Menu makanan yang disajikan di meja makan penuh dengan yang digoreng ketimbang tumisan, sayur bening, dan lalap mentah atau salad. Padahal, makanan yang penuh serat justru baik untuk mencegah sembelit, melindungi dari kanker usus, dan juga menurunkan kadar kolestrol jahat yang tentunya dapat membantu mencegah diabetes dan sakit jantung.

Solusi untuk si kecil yang tak suka sayur

Ajak lomba

Motivasi jitu dengan mengajaknya berlomba makan sayur. Coba ajak saudara atau teman-teman si kecil. Caranya letakkan di piring beberapa potong buncis, dan wortel rebus, dan beri aba-aba untuk memulai lomba. Siapa yang paling habis duluan akan diberikan hadiah tokoh kartun favorit misalnya dalam bentuk boneka atau pernak-pernik.

Sembunyikan dalam menu favoritnya

Misalnya roti isi ragout, sup krim, spagheti, atau boleh juga dalam bentuk cake dan muffin. Untuk jenis tomat, wortel atau mentimun ibu dapat membuatkan si kecil jus atau smothies dengan diberi gula/madu, es dan tambahan susu cair yang kaya akan vitamin.

Ajak si kecil memasak menu sayuran

Kebetulan ada resep yang saya dapatkan dan dapat menjadi solusi agar si kecil jadi doyan sayur. Resep ini hasil kreasi dari sayur bayam yang biasanya anak tak suka. Yuk disimak :

1.    Burger bayam

Campur bayam yang sudah dicuci bersih dan dicincang bersama putih telur, bawang bombay cincang, keju parut, tepung roti, garam, bawang putih bubuk sampai rata. Bentuk adonan menjadi seperti burger, dan masak di atas wajan anti lengket selama 4-6 menit. Biarkan si kecil berkreasi sendiri dalam membuatnya sesuai dengan imajinasinya.

2.    Bakso bayam

Si kecil suka bakso, ajak si kecil membuat bakso dari bayam. Caranya bersihkan dan siangi bayam, lalu keringkan dengan sempurna. Pastikan si bayam benar-benar kering sebelum dihaluskan, karena jika masih basah adonan baksonya menjadi mudah hancur saat dimasak. Nah setelah bayamnya kering, haluskan bersama keju, kuning telur, serta tepung dalam blender. Begitu adonan siap, bentuk menjadi bulatan kecil, dan sisihkan. Taburkan tepung pada tangan ibu dan si kecil saat hendak membuat adonan agar tidak lengket. Setelah itu, didihkan air dan rebus bola-bola bayam selama +/- 3 menit atau sampai mengapung. Tiriskan bakso, sajikan bersama keju parut.

3.    Lasagna Bayam

Untuk si kecil yang doyan dengan lasagna, solusi ini dapat membantu. Tumis bawang bombay cincang berserta bayam, oregano, dan bawang putih cincang. Masukkan air, dan saus spaghetti andalan. Panaskan selama +/- 20 menit di atas api kecil. sambil menunggu saus bayam siap, campur keju parut, telur beserta garam, dan lada di dalam mangkuk. Sisihkan campuran keju ini, setelah saus siap letakkan sedikit saus di dasar pinggan tahan panas. Letakkan lapisan lasagna siap masak yang belum matang di atas saus, lalu lapisi lagi bagian atas lasagna dengan saus. Lakukan berulang sampai saus habis, setelah itu tutup pinggan dan panggang dalam oven bersuhu 175 derajat celcius selama +/- 55 menit. Setelah itu buka tutup pinggan dan panggang lagi lasagna selama 15 menit.

tak suka sayur, penyebab, cara mengatasi, obrolan bunda konicare

Cocolkan sayur dengan cocolan yang sehat

Misalnya cocolan hummus yang terbuat dari kacang-kacangan, cocolan salsa tomat, sampai cocolan yoghurt rasa timun. Banyak dari cocolan tersebut yang mengandung nutrisi dan manfaat yang baik untuk si kecil apalagi jika ibu menyajikannya bersama dengan banyak sayuran untuk dicocol.

Nah, bu semoga artikel ini dapat membantu yah untuk si kecil yang tak suka sayur.

This post has already been read 513 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation