Pentingnya Susu Ibu Hamil untuk kesehatan Ibu dan Janin

Susu Ibu hamil adalah salah satu pelengkap nutrisi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kandungan Ibu. Susu ibu hamil ini bukanlah minuman yang wajib diminum bagi Ibu hamil karena nutrisi di dalam susu tersebut dapat didapatkan dari minuman atau makanan lainnya.

Namun, jika Ibu tidak dapat memenuhi nutrisi tersebut dari makanan dan minuman lainnya, maka sebaiknya Ibu mengkonsumsi susu Ibu hamil agar kesehatan dan perkembangan kandungan tetap terjaga dengan baik. Apa saja sebenarnya nutrisi yang bisa Ibu dapatkan dari susu ibu hamil ini?

Susu Ibu Hamil – Isi Kandungan Susu Ibu Hamil dan Kebutuhan Ibu Hamil

Susu ibu hamil biasanya mengandung kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah, yodium, Vitamin B1, B2, B6, dan B12, vitamin C, Vitamin A, fosfor, Niacin, Seng, ekstra kalsium atau fortikasi, AHA/ DHA, Zat besi, protein, kalori dan Asam folat. Semua nutrisi tersebut sangat penting bagi Ibu hamil. Beberapa fungsi dan kisaran kebutuhan Ibu hamil aatas nutrisi tersebut diantaranya adalah:

– Ekstra kalsium dapat mencegah pre-eklampsia dan keracunan saat hamil serta membantu perkembangan sistem enzim, darah, saraf, jantung, dan otot janin. Kebutuhan ibu adalah 1000 mg per hari.

– Zat Besi diperlukan untuk memelihara kehamilan agar kuat serta membentuk sistem enzim di ASI dan sel darah merah bagi janin dan ibu. Ibu membutuhkan zat besi sebanyak 30 mg per harinya.

– Protein membantu pembangunan sel – sel tubuh janin dan perkembangan berat badan janin. Kebutuhan per hari Ibu hamil adalah 72 gram protein.

– Kalori penting untuk sebagai sumber energi bagi ibu hamil. Kebutuha Ibu adalah sebanyak 2400 kal per hari.

– Asam Folat dapat mencegah resiko gangguan pertumbuhan otak atau kerusakan tabung saraf janin serta cacat tulang belakan dan dapat mendorong pembentukan organ janin. Ibu membutuhkan sekitar 400 ug per hari.

Itulah sedikit nutrisi dan kisaran kebutuhan Ibu yang dapat didapat dalam susu Ibu hamil.

This post has already been read 694 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation