Ouch, Si Kecil Membersihkan Telinga Sendiri!!

membersihkan telinga anakTidak ada yang salah dengan kegiatan membersihkan telinga. Tapi jadi berbeda ketika kita melihat si kecil sedang membersihkan telinganya sendiri.

Kita sadar sekali apa yang membuat kita merasa ngeri saat melihat si kecil memainkan cotton bud, apa lagi bila sampai membersihkan telinganya sendiri. Anak di bawah 5 tahun belum bisa mengendalikan motoriknya secara baik. Mereka bisa memperkirakan tapi sayangnya perkiraannya ini belum baik. Jadi wajar kalau Ibu agak kaget atau panik saat melihat hal ini.

Namun, berteriak akan membahayakan si kecil. Memarahi juga bukanlah tindakan yang tepat karena akan membuat tekanan kepada pola pikir anak. Apa yang seharusnya ibu lakukan tentang membersihkan telinga kepada anak.

1. Alasan membersihkan telinga

Memberi tahu dan mejelaskan mengapa kita perlu membersihkan telinga sangat penting. Analogikan dengan sebuah kejadian agar anak lebih mudah mengerti. Misal, saat kita keluar rumah banyak debu yang masuk kedalam telinga dan mengendap. Jadi bila telinga tidak dibersihkan akan sangat kotor, katakan saja berdebu seperti meja yang sudah lama tidak di lap.

2. Cara membersihkan telinga

Beritahukan cara tepat membersihkan telinga yang kotor. Beritahu jenis cotton bud dan cara menggunakannya.

3. Beri penjelasan bahaya memainkan cotton bud!

Kita perlu memberitahukan bahayanya bila memainkan cotton bud sembarangan. Kadang anak kecil suka sekali mencoba-coba karena mereka senang sekali mencari tahu. Mungkin ada sensasi tersendiri ketika si kecil mencoba membersihkan telingan sendiri tanpa bantuan sang ibu. Saya pun pernah menemukan anak saya melakukan hal ini. Jangan berteriak ya Bu. Saat anak kaget malah bisa menusuk cotton bud lebih dalam. Beri analogi tentang bahaya jika membersihkan telinga tidak dibantu agar mereka memahaminya.

This post has already been read 559 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation