OCD dan Gizi Seimbang

Bebas Makan

Obsessive Corbuzier’s Diet atau lebih dikenal dengan OCD menjadi salah satu cara diet yang sedang menjadi tren saat ini di Indonesia. Cara ini dikenalkan oleh mentalis terkenal Deddy Corbuzier lewat websitenya dengan menyediakan gratis e-booknya. Menilik lebih dalam, OCD ternyata bisa menjadi salah satu semangat saat kita berpuasa. Kita juga tidak perlu menahan-nahan untuk tidak memakan makanan manis atau berlemak karena dengan OCD kita bisa menikmati itu semua dan gizi seimbang akan tetap kita dapatkan walaupun sedang dalam maa diet.

gizi seimbang
gambar: facebook.com

Disiplin

OCD salah satu program diet seperti puasa yang mampu medisiplikan seseorang dengan asupan gizi seimbang. Saat berpuasa Ramadhan, seseorang tidak makan dan minum kurang lebih selama 14-16 jam, dan di delapan jam dari waktu berbuka sampai sahur kita bisa menikmatinya sebagai waktu bebas makan dan minum. Tidak berbeda dengan puasa, OCD juga memiliki jendela waktu sebagai waktu makan tapi tidak untuk minum. Dalam masa puasanya, OCD memperbolehkan meminum air putih apabila haus. Tiga pilihan waktu yang dibuat aturan dalam OCD ini adalah 8 jam, 6 jam, dan 4 jam. Jam-jam itu adalah jam dimana seseorang diperbolehkan menikmati bebas makanan apapun yang dia mau. Sama seperti puasa. OCD memenuhi gizi seimbang karena tidak ada larangan untuk makan atau minum ini itu di masa jendela makannya. Tidak seperti diet biasa yang akan banyak larangan makan dan minum, waktu makan malam juga sengaja dilewatkan. Sehingga, dalam diet biasa yang kadang-kadang menetukan apa saja makanan yang harus dimakannya malah membuat ia orang yang melakukannya sakit karena kurangnya asupan yang dibutuhkan tubuh.

Dalam pemenuhan gizi seimbang lainnya, OCD juga tidak menganjurkan sarapan tetapi lebih menganjurkan makan malam. Asupan karbohidrat di pagi hari justru membuat seseorang terkadang mengantuk dalam aktifitasnya. Justru yang paling dihindari selama berdiet yaitu makan malam, dalam program ini menjadi kewajiban. Tidur teratur dan olah raga juga dianjurkan dalam program ini. Tetapi, dalam hal pembentukan perut, sang master dari OCD ini menyebutkan mertakan perut ternyata bukan dengan sit-up. Bentuk perut kita berasal dari apa yang masuk ke perut kita, menjadi istilahnya.

This post has already been read 623 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation