Menyajikan Sepiring Makanan Sehat Untuk Si Kecil

Dari kecil kita diajarkan untuk memakan makanan sehat yang terdiri dari 4 sehat 5 sempurna, begitu katanya. Tapi sekarang, setelah menjadi orangtua malah sesekali melewatkan catatan tersebut. Padahal itu sangat penting untuk kesehatan keluarga terutama untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Makanlah makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, protein, biji-bijian dan susu yang kaya kalsium. Selama seminggu, catat berapa banyak jenis makanan yang masuk ke dalam piring Anda setiap kali makan. Selama 2 hingga 3 minggu ke depan, perlahan-lahan mulai menambahkan kelompok hilang, dengan kata lain ada yang jenis makanan yang dikurangi. Mulailah untuk mencoba kurangi jenis makanan dalam jumlah berlebihan, ingat ini berlaku bagi makanan yang tidak diperlukan tubuh kita atau dalam takaran yang berlebihan.

Berikut adalah tips sederhana mengatur menu makanan sehat:

makanan sehat

  • Ketika Anda duduk untuk makan, gambarlah 2 garis imajiner melalui pusat piring Anda kemudian membaginya menjadi 4 bagian.
  • Isi salah satu dari empat bagian dengan biji-bijian atau makanan bertepung seperti nasi, pasta, kentang, roti, atau jagung.
  • Isi bagian lain dengan protein-makanan seperti daging, ikan, unggas, atau tahu.
  • Isi 2 bagian sisa (setengah dari piring) dengan sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, wortel, kembang kol, mentimun, tomat, pisang, jeruk dan apel.
  • Kemudian, tambahkan segelas kecil susu non-fat atau susu yang diperkaya kalsium non-susu, seperti kedelai.

Cobalah mulai melakukan ini. Hidangkan makanan sehat untuk keluarga dengan jumlah kandungan gizi yang seimbang agar keluarga sehat semua.

Baca Juga:

2 Cara Agar Anak Balita Sehat dan Bahagia

Makanan Sehat Untuk Balita: Telur Hingga Susu

Cara Agar Sekeluarga Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Kenapa Kita Merasa Ingin Makan Disaat Tidak Sedang Lapar atau Lapar Mata?

This post has already been read 1241 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation