Memantau Perkembangan Janin Dalam Kandungan

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam menjamin kesahatan calon buah hati adalah memantau perkembangan janin dalam kandungan. Dengan pantauan teratur bisa memberikan gambaran keadaan janin di setiap usianya. Pastinya perlu bantuan dokter untuk bisa memantau perkembangan buah hati. Meskipun begitu, ada tanda-tanda yang diberikan janin sebagai sinyal bahwa mereka tumbuh dengan baik dan sehat.

Pentingnyan Memantau Perkembangan Janin

Orang tua sering khawatir dengan keadaan janin di dalam perut. Apalagi bagi pengantin baru yang pertama kali mengalami fase kehamilan. Tidak hanya sang ibu, ayah juga sangat khawatir dengan perkembangan janin di dalam kandungan. Agar rasa khawatir para orang tua bisa diatasi, langkah tepat yang bisa diambil adalah dengan ritun memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan terpercaya. Sesaat setelah tes kehamilan dengan test pack menunjukkan hasil positif, usahakan langsung membawanya ke dokter kandungan terpercaya. Dengan begitu kondisi kandungan bisa dikontrol dengan baik.

Dokter kandungan akan memberikan jadwal kapan pemeriksaan selanjutnya akan dilakukan. Patuhi petunjuk dokter agar perkembangan janin dalam kandungan dapat terkontrol dengan baik. Perkembangan kandungan dapat dideteksi dengan beberapa cara. Seperti dengan menggunakan teknologi USG yang memberikan gambaran bagaimana keadaan sang janin. Idealnya seorang ibu hamil melakukan pemeriksaan USG minimal 3 kali selama masa kehamilan.

Perkembangan Janin

Pemeriksaan itu bisa dilakukan pada saat usia kehamilan 6-14 minggu. Di mana pada pemeriksaan kali ini untuk melihat usia kandungan. Pemeriksaan kedua dilakukan pada usia kehamilan 6-12 minggu. Pada pemeriksaan kali ini akan diketahui jenis kelamin buah hati ibu dan ayah. Pemeriksaan selanjutnya di usia kehamilan 11-14 minggu dilakukan dengan tujuan mengetahui ukuran dinding belakang leher sang janin dengan tujuan medeteksi adanya kelainan pada janin.

Di usia kehamilan 18-24 minggu pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui kelainan organ tubuh janin. Di pemeriksaan minggu ke-18-22 setelah catat janin terdeteksi dan ibu tetap ingin mempertahankannya, dilakukan pengecekan apakah ada kelainan lainnya. pemeriksaan selanjutnya dilakukan pada usai kehamilan 21-24 minggu dan terakhir 32-34 minggu. Itulah langkah-langkah memantau perkembangan janin melalui alat USG.

This post has already been read 855 times!

One Thought on “Memantau Perkembangan Janin Dalam Kandungan

  1. Pingback: Bagaimana Perkembangan Janin dalam Keadaan Rahim Miring? | Jadi Cepat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation