Makanan Sehat Untuk Balita: Telur Hingga Susu

Kebutuhan akan nutrisi sangat penting untuk tumbuh kembangnya balita. Itulah sebabnya, sumber nutrisi dari makanan sehat untuk balita tidak bolah terlewatkan. Berbagai macam nutrisi, seperti vitamin, serat, karbohidrat, protein harus diberikan pada si kecil agar semua kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Saat anak Anda berusia di bawah lima tahun, di saat itulah proses tumbuh kembangnya sedang berlangsung. Untuk mendapatkan hasil tumbuh kembang yang masksimal maka dibutuhkan makanan sehat untuk balita yang bernutrisi penuh. Salah satu nutrisi penting yang harus terpenuhi adalah makanan yang kaya akan protein.

  1. Telur

Secara alami, telur menawarkan sejumlah protein hewani dan juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapana kalsium menjadi lebih baik. Makanan ini cocok diberikan bersamaan dengan sarapan pagi bersama segelas susu untuk mencegah rasa lapar dengan cepat.

  1. Tahu

Merupakan sumber protein nabati yang bersifat pencegah penyakit kanker. Sajikan dengan campuran sayur hijauĀ  dan wortel sebagai sup tahu atau tumis dengan sayur bayam atau caisim.

  1. Kedelai hitam

Ternyata kedelai hitam mengandung sumber protein alami nabati. Selain itu kandungan serat dan kalsium dari kedelai hitam sangat dibutuhkan oleh anak-anak dengan usia di bawah lima tahun. Kedelai hitam ini sering digunakan sebagai bahan baku kecap, yang menjadi kegemaran anak-anak.

  1. Yogurt

Yogurt tak hanya mengandung bakteri yang menyehatkan, tapi juga mengandung protein. Biasanya si kecil menyukari rasa dari yogurt ini. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahakn sedikit potongan madu lalu ditaburi dengan madu untuk menambah sensasi manis asem yang segar untuk meningkatkan energinya.

  1. Susu

Nutrisi dari susu ini dapat mendukung pertumbuhan balita. Biasakan minum susu minimal setengah gelasdi pagi hari dan sore atau malam hari. Anda juga bisa memberikan padanan snack, seperti puding. Balita pada umumnya membutuhkan sekitar 2-2,5 (500-600 ml) gelas susu setiap harinya.

Makanan Sehat untuk Balita

Kunci makanan sehat untuk balita adalah menu yang bervariasi, yang setidaknya terdiri tiga kelompok makanan, yaitu pembangun, pengatur, dan tenaga yang merupakan sumber zat gizi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

This post has already been read 749 times!

One Thought on “Makanan Sehat Untuk Balita: Telur Hingga Susu

  1. Pingback: Makanan Sehat untuk Balita dan Anak Gizi | Gizi Anak Seimbang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation