Makanan Bernutrisi Bikin Anak Sehat dan Cerdas

Makanan adalah salah satu hal penting untuk semua orang. Terlebih lagi untuk anak dalam masa pertumbuhan. Orangtua tidak bisa menyediakan makanan hanya sekedar untuk membebaskan anak dari rasa lapar.

Penting sekali untuk mengetahui kandungan nutrisi dalam setiap bahan makanan yang hendak di olah. Cermat dalam memilih bahan makanan karena makanan bernutrisi dapat membuat anak sehat dan cerdas.

mengajarkan pola makan yang sehat sejak dini merupakan hal yang susah-susah gampang untuk anak kecil. Awalnya saat anak belum bersekolah, dia menurut saja dengan makanan yang disediakan di rumah. Tapi seiring bertumbuhnya anak, pada masa sekolah tidak lagi demikian. Anak akan kenal dengan jajan dan memiliki kebiasaan baru yaitu membeli makanan selain yang disediakan di rumah.

Penerapan Pola Makan Sehat

Jangan sampai anak kekurangan nutrisi pada masa pertumbuhan. Kekenyangan karena jajan adalah masalah yang sering terjadi. Batasi jajanan atau membeli makanan selain yang disediakan di rumah. Berikan pengertian pada anak tentang pentingnya kesehatan.

Sebelum anak berangkat sekolah, sediakan sarapan yang cukup agar anak bisa fokus saat belajar di sekolah. Bila anak sudah merasa cukup kenyang otomatis dia tidak mudah tergoda untuk jajan. Berikan sarapan bernutrisi baik sebelum anak memulai aktivitas hariannya.

Setelah anak pulang sekolah, beri buah-buahan segar yang akan kemabali menutrisi tubuhnya. Beri makan siang tepat waktu. Biarkan anak beristirahat agar tubuhnya relaks.

Tidur siang 1-2 jam sehari bagi anak-anak sudah cukup. Bila tidur siang terlalu lama juga bisa membuat anak lemas dan kurang bersemangat. Tidur malam juga bisa terganggu bila anak bangun terlalu sore. Tidur siang bisa membuat tubuh anak beristirahat, dan saat tubuh beristirahat organ tubuhnya akan berkembang dengan maksimal.

Berikan makan sore atau malam tepat waktu. Hindari beri makan di waktu yang terlalu malam. Bahaya over weight bisa mengancam bila anak diberi makan terlalu malam. Ditakutkan setelah makan anak langsung tidur dan penyerapan makanan berjalan kurang baik. Kadar gula dari makanan saja yang diserap oleh tubuh.

Sumber

This post has already been read 704 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation