Kenapa Sering Ngantuk Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Lama waktu puasa di Indonesia saat bulan Ramadhan sekitar 13,5 jam sehari. Tentu banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan selama waktu mulai puasa hingga waktu berbuka.

Di tengah kegiatan yang kita lakukan sehari-hari, sayangnya kita sering ngantuk saat berpuasa. Terlebih lagi bila puasa di bulan Ramadhan karena dilaksanakan setiap hari selama satu bulan.

Ada satu cerita dari teman, anaknya selalu tidur di kelas selama puasa ini. Si anak bertanya ke Ibunya, “kenapa sering ngantuk saat berpuasa di bulan Ramadhan?”

Pagi hari setelah waktu sahur tubuh masih merasa bersemangat dan bertenaga. Semakin siang tenaga dan energi semakin menghilang. Ujungnya malah jadi ngantuk dan gak sadar jadi tertidur deh.

Sebenarnya ini wajar, karena waktu tidur berubah. Biasanya tidur malam tidak terputus oleh waktu sahur. Coba bayangkan untuk anak-anak hanya dibangunkan saat sahur, tapi para Ibu terbangun sejak waktu menyiapkan makanan sahur.

Penyebab utama sering ngantuk saat berpuasa adalah karena berkurangnya kadar glukosas dalam darah yang membuat otak kita sulit berkonsentrasi. Glukosa sebenarnya merambat ke otak tapi karena saat berpuasa aliran glukosa ke jaringan otak berkurang maka akan mempengaruhi sistem kerjanya.

Jika tubuh tidak memberikan energi tambahan dalam melakukan kegiatan maka tubuh kita lemas dan terjadi penurunan kadar gula darah di dalam tubuh. Keadaan inilah yang membuat kita mengantuk.

Sebagian anak yang mengalami perubahan cukup besar tentu akan sering ngantuk saat berpuasa di bulan Ramadhan.

Atasi masalah sering ngantuk saat puasa

Cuci muka atau berwudhu. Hilangkan rasa ngantuk dengan cara ini, dalam sekejap bisa menjadi lebih segar. Kalau tetap merasa ngantuk, cuci mata dengan air bersih, awalnya memang sedikit perih tapi sebenarnya hanya bermaksud untuk membersihkan mata saja.

Perbaiki bobot gizi saat sahur dan berbuka. Konsumsi zat besi untuk menambah energi selama berpuasa. Konsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kacang panjang. Minum susu untuk tetap melengkapi kebutuhan tubuh.

Selamat berpuasa..

(kidnesia/berbagai sumber)

This post has already been read 862 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation