Hipertensi Saat Hamil Bisa Beresiko

Tentunya kita sering mendengar kata hipertensi. Kebanyakan orang memaknai hipertensi adalah tekanan darah tinggi. Kita mungkin tahu ini berbahaya dan memiliki resiko pada kesehatan kita. Tapi lebih jelasnya saya akan membahas hipertensi saat hamil.

Definisi Hipertensi

Definisi hipertensi adalah apabila tekanan darah melebihi 140/90 mmHg. Hipertensi saat hamil merupakan hal mengerikan karena sebagian kasus terjadi tanpa gejala, sehingga saat ibu hamil mengalami hipertensi merasa terkejut setelah pereksa tekanan darah.

Seorang Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Dr.Azen Salim, Sp.OG-KFM, mengatakan bahwa ada beberapa keadaan yang dapat meningkatkan resiko terjadinya hipertensi saat hamil. Bisa saja ibu hamil telah menderita hipertensi sejak sebelumnya, atau menderita ginjal dan diabetes sejak berusia dibawah 20 tahun atau berusia diatas 40 tahun. Kasus hipertensi saat hamil juga banyak terjadi pada kehamilan kembar.

Bila hipertensi saat hamil telah ketahuan biasanya banyak treatment yang diberlakukan dokter kandungan. Semua penanganan bergantung pada tingkat hipertensi yang dialami oleh ibu hamil. Tapi sebaiknya ibu juga menjaga kesehatan untuk menyelamatkan kesehatan ibu dan janin.

Dr.Azen juga menjelaskan hipertensi saat hamil bisa menghambat pertumbuhan janin dan menyebabkan kematian janin di dalam rahim. Hipertensi memang sering mendapat sebutan “the silent killer”. Pada ibu hamil yang mengalami hipertensi saat hamil tua bisa jadi mengalami tindak persalinan dipercepat hingga usia kehamilan 37 minggu.

Sebenarnya hipertensi tidak mutlak datang begitu saja, kadang orang suka mencirikan tanda sakit ini datang bersama gejala pusing, pala pening, dan mual. Nyatanya gejala tersebut belum tentu datang namun tensi darah ibu hamil sudah meninggi.

Maka dari itu cek secara berkala pada masa kehamilan sangat penting. Hal ini berlaku pada setiap kehamilan. Karena hipertensi saat hamil bisa saja terjadi dan pada sebagian kasus juga terjadi karena ada keterangan dari riwayat kesehatan keluarga kandung. Misal, ibu kandung punya riwayat mengalami hipertensi saat hamil, maka ada kemunginan ibu mengalami. Jaga baik-baik kesehatan saat ibu hamil dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan cukupi nutrisi ibu hamil setiap hari.

Berbagai Sumber

This post has already been read 597 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation