Fungsi Susu Ibu Hamil – Apakah Hanya sebagai Pendamping?

Keberadaan susu ibu hamil sangat berguna sebagai salah satu jenis minuman yang memberikan tambahan nutrisi. Sudah banyak yang tahu bahwa di masa kehamilan nutrisi bagi ibu hamil harus sangat diperhatikan. Pasalnya nutrisi yang diserap oleh tubuh ibu hamil akan berpengaruh besar terhapad perkembangan janin di dalam perut. Jika nutrisi yang dikonsumsi ibu tidak lengkap, bisa jadi perkembangan janin akan terhambat.

Keberadaan susu khusus ibu hamil ini sebagai solusi melengkapi nutrisi yang mungkin belum tercukupi. Akan tetapi keberadaan susu itu bukan menjadi minuman pokok ibu hamil. Nutrisi yang ada di dalam susu tersebut sebenarnya sudah ada dalam makanan yang baik dikonsumsi di masa kehamilan. Jadi kalau hanya mengandalkan asupan nutrisi dari susu itu tidaklah benar. Susu hanya sebagai pendamping dan bukan menjadi yang utama.

Fungsi Tepat Susu Ibu Hamil

Keberadaan susu ibu hamil seperti yang dijelaskan di paragraf pertama hanyalah sebagai pendukung. Jadi tetaplah menjadikan susu sebagai pendamping dan bukan sebagai minuman bernutrisi yang utama. Makanan sehat untuk ibu hamil harus selalu dikonsumsi meskipun sering terasa mual khususnya di trisemester pertama. Baru setelah dirasa kurang yakin dengan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, susu bisa dijadikan solusinya.

Di awal kehamilan susu ibu hamil yang baik dikonsumsi adalah yang mengandung banyak vitamin B6. Kegunaan vitamin B6 dapat menurunkan masalah pada ibu hamil muda yaitu morning sickness. Pilihlah juga susu yang mengandung DHA dan asam folat yang tinggi. kedua nutrisi tersebut berguna untuk membantu pertumbuhan janin di awal pembentukannya. Sedangkan di trimester kedua susu yang dikonsumsi bisa beralih ke susu yang mengandung zat besi.

Kalsium yang dikandung dalam susu juga tidak boleh dilupakan. Kalsium akan membantu mengatasi masalah pengeroposan tulang yang biasanya terjadi pada ibu hamil. Meskipun susu baik bagi ibu hamil dan janin, mengonsumsi secara berlebih sangat tidak dianjurkan. Karena jika kebanyakan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh malah akan membahayakan ibu dan janin itu sendiri. Maksimal mengonsumsi susu ibu hamil hanya 2 kali sehari.

This post has already been read 544 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation