Fase dan Gejala Batuk Rejan Pada Bayi 1-12 Bulan

Pertussis atau yang lebih dikenal dengan sebutan batuk rejan adalah penyakit infeksi paru-paru dan saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri. Bayi berusia 1-12 bulan sangat rentan untuk tertular batuk rejan. Selain karena batuk rejan mudah menular, juga karena keadaan imun bayi belum sempurna.

Sekarang kasus batuk rejan memang sudah berkurang karena bayi telah diberi vaksinasi untuk melawan penyakiy seperti ini secara rutin. Perlu Ibu ketahui tidak selamanya imunisasi bisa membuat bayi terhindar dari batuk rejan. Bayi beresiko kekurangan oksigen saat mengidap batuk rejan. Hal ini bisa terjadi saat batuh terus-menerus. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan sel otak. Periode inkubasi batuk rejan antara 7 hingga 10 hari.

Penularan kepada bayi bisa terjadi dengan cepat. Segera ketahui 3 gejala batuk rejan pada bayi 1-12 bulan:

1. Fase pertama, Gejala awal batuk rejan yang terkesan ringan karena hanya menyerupai batuk dan pilek yang biasa di hidap anak-anak pada umumnya. Kemudian bayi mulai tidak nafsu makan, rewel karena tenggorokan terasa sakit. Jarang sekali bayi 1-12 bulan bisa menceritakan yang dirasakan kepada orangtua. Jadi Ibu harus leboh peka dan rajin cek keadaan si kecil. Keadaan bayi dimalam hari akan lebih buruk dan batuk rejan akan lebih menyerang setelah makan malam.

2. Fase kedua, setelah 1 – 2 minggu anak mulai mengalami batuk yang semakin sering. Sering tersedak saat makan kemudian mukanya memerah. Saat bernafat juga terlihat berat dan terdengar ada suara raungan yang sedikit melengking. Kadang orangtua menyepelekan karena saat anak tidak sedang batuk anak atau bayi bisa bermain seperti anak sehat. Saat batuk rejan kembali datang dan bayi batuk terus menerus, nafas bayi bisa berhenti dalam beberapa detik dan ini sangat berbahaya. Bayi 1-12 bulan yang sakit rejan bisa hingga muntah-muntah.

3. Pada fase ketiga atau tahap terakhir, batuk menjadi lebih ringan. Sebaiknya anak tetap diberi perhatian lebih karena pada fase ini anak masih lemah. Tambahakan sayuran dan vitamin melalui makanan sehat yang Ibu berikan agar membantu masa pemulihannya.

Selain mengerti fase dan gejala batuk rejan pada bayi 1-12 bulan, Ibu juga perlu mengetahui cara mengatasi batuk rejan pada bayi.

This post has already been read 1451 times!

One Thought on “Fase dan Gejala Batuk Rejan Pada Bayi 1-12 Bulan

  1. Pingback: Cara Mengatasi Batuk Rejan Pada Bayi 1-12 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation