Cara Mengompres Anak Demam Dengan Air Hangat

anak demam

Demam, batuk dan pilek adalah penyakit yang paling sering dihadapi oleh anak-anak. Bila anak demam karena sakit tersebut ibu harus tengan. Hindari panik agar bisa mengatasi dengan baik. Cara yang sudah digunakan sejak jaman dulu jika anak adalah mengompres dahi anak.

Mengompres dahi dengan air dingin di dahi adalah salah

Mengapa dari dulu orangtua kita terbiasa mengompres dahi saat anaknya demam? Ketika demam semakin parah, suhu tubuh meningkat dan anak susah tidur maka orangtua jaman dulu akan segera mengompres dengan air dingin.

Ini semua ternyata salah. Sudah dua hari anak saya demam, tidak ada bercak putih di lidah, saya rasa demam ini masih bisa saya tangani sendiri di rumah. Suhu tubuh anak saya setelah diukur dengan termometer adalah 38,6°C. Bila suhu tubuh anak masih dibawah 39°C, saya masih merasa bisa merawatnya sendiri dirumah. Tapi setelah saya kompres anak dengan cara turun-menurun tersebut, tidak ada pengaruhnya. Maka saya coba tanya ke dokter anak langganan si kecil.

Cara Mengompres Anak Demam Yang Benar

Menggunakan air hangat

Suhu tubuh ketika demam akan meningkat, bila secara tiba-tiba dikompres dengan air dingin, maka tubuh akan kedinginan. Efek lain dari cara mengompres anak demam dengan menggunakan air dingin adalah anak menggigil dan suhu semakin tinggi. Gunakan air hangat karena dapat melepas panas dalam tubuh si kecil. Cara kerjanya dengan kompres air hangat adalah untuk membantu pembuluh darah tepi di kulit melebar agar pori-pori kulit lebih terbuka sehingga dapat melepaskan panas dari tubuh.

Kain kompresan yang aman

Gunakan kain atau handuk kecil yang mudah menyerap air, mudah di peras dan lembut. Gunanya agar tidak menetes ke bagian tubuh lainnya jika kain mudah di peras. Selain itu kain yang lembut juga tidak membuat lecet atau guratan yang menyebabkan luka pada kulit si kecil.

Cara mengompres

Celupkan kain atau handuk bersih ke dalam air hangat di dalam wadah. Peras dan pastikan tidak ada air menetes. Usapkan berulang pada bagian dada dan perut. Bila anak sedang tertidur, lakukan pada lipatan tubuhnya. Ibu bisa mengompres di leher, ketiak, lipatan siku atau lipatan dengkul. Lakukan secara berulang.

Bila anak rewel karena demam itu hal yang biasa. Perhatikan juga bila anak mengigau terus-menerus. Menggigil adalah satu tanda suhu tubuh meningkat. Biasanya sebagian anak bisa mudah berhalusinasi saat panasnya bertambah. Perbanyak minum air putih agar anak sering buang air kecil agar dapat bantu menurunkan panasnya. Semoga bermanfaat dan keluarga sehat selalu :)

This post has already been read 857 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation