Cara Hilangkan Batuk Anak Tidak Harus dengan Obat

Beberapa teman pernah menceritakan pengalaman mereka ketika masih menetap di luar, seperti di Canada dan Belanda. Mereka memberitahukan, bahwa kalau anak demam atau batuk biasa tidak akan diberi obat khusus atau obat penurun panas. Walau dokter yang mereka temui berbeda, tapi intinya sama, saat batuk, anak tidak harus diberi obat.

Menurut kajian Canadian Famili Physician, obat batuk berbahaya untuk anak dibawah 4 tahun. TapiĀ  memang kajian tersebut berbeda dengan yang terjadi di negara kita. Kalau anak sakit maka akan ada obat yang diberi oleh dokter. Semakin banyak keluhan maka semakin menumpuk tulisan di kertas resep.

Mengikuti saran dokter di negara tersebut yang saya tahu dari seorang teman, mungkin kita bisa mengikutinya. Hal yang terpenting adalah kita bisa merawat dan memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Cara merawat anak yang sedang batuk

1. Mandikan dengan air hangat

Ini berlaku untuk semua usia anak. Agar anak merasa nyaman tetap mandikan tapi menggunakan air hangat agar anak tidak menggigil setelah mandi.

2. Istirahat cukup

Sebagian anak walau sedang sakit tetap ingin bermain. Agar tidak rewel jika anak ingin main sebaiknya tidak dilarang. Ibu hanya perlu membantu untuk pilihkan mainan yang membuat anak tidak terlalu lelah. Bisa juga melukis atau main monopoli.

3. Tidur siang

Temani anak agar bisa tidur siang dengan tenang. Pastikan anak merasa ibu selalu setia mendampingi mereka.

4. Beri anak sup panas

Sup panas dengan kaldu ayam asli akan membuat anak merasa lebih baik. Kandungan sayuran dan kaldu ayam asli sangat baik untuk kesehatan.

5. Meninggikan kepala saat tidur

Berikan bantal yang leboh tinggi agar anak bisa bernafas lebih lega. Ini bisa sedikit mengurangi batuk dan tidur anak jadi tidak terlalu terganggu.

6. Sari kurma

Sari kurma atau madu baik untuk kesehatan anak. Dalam masa pemulihan sangat baik. Minum satu sendok untuk pagi dan sore.

7. Banyak minum air putih

Biasakan untuk minum air putih agar melancarkan buang air. Bila anak demam, banyak minum air putih bisa mengurangi panas tubuhnya.

Baca Juga:

Virus MERS Penyakit yang Sedang Mengintai Keluarga

Sering Mengigau dan Menangis, Ada Apa Dengan Si Kecil?

3 Cara Menghabiskan Waktu Bersama Anak Saat Diluar Hujan Seharian

This post has already been read 1031 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation