8 Cara Mengendalikan Nafsu Makan (part 1)

8 Cara Mengendalikan Nafsu Makan (part 2)

Tidak semua cara dan tips yang akan dibahas ini akan berlaku secara universal untuk semua orang. Pilih yang sesuai dengan apa yang cocok untuk Anda. Jika memungkinkan, saya telah mencoba untuk memberikan referensi dari sumber otoritatif untuk mendukung, namun daftar lengkap dan lengkap dari referensi adalah di luar lingkup blog ini. Saya akan menyerahkan kepada Anda “Googling” kemampuan menemukan referensi tambahan.

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Pertama

Makanlah makanan dengan indeks glikemik rendah : Indeks Gylcemic adalah ukuran dari seberapa cepat item makanan yang diberikan meningkatkan tingkat gula darah kita. Tertinggi pada indeks adalah glukosa dengan rating 100. Makanan dengan indeks glikemik tinggi memiliki rating 70+, makanan indeks glikemik menengah memiliki peringkat 56+, dan 55 dan di bawah adalah makanan indeks rendah.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi menyebabkan peningkatan mendadak dan jatuhnya tingkat gula darah. Biasanya, jatuh kadar gula darah memicu *perlu* untuk makan lebih banyak makanan dan yang menciptakan rasa lapar langsung. Padahal, makanan dengan indeks glikemik rendah menyebabkan peningkatan lambat tingkat gula darah dan memberikan tingkat konsisten energi untuk jangka waktu lama (bukan naik cepat dan turun). Ini slow release energi mencegah memicu tubuh kita kelaparan sirkuit dan menyebabkan penurunan nafsu makan.

[Referensi : Linus Pauling Institute, Oregon State University].

Apel, pisang, sayuran hijau dan kacang-kacangan adalah beberapa contoh makanan dengan indeks glikemik rendah. Cobalah makan lebih banyak salad dan buah-buahan alih-alih makan hidangan utama berat untuk mengurangi asupan pangan saat makan dihari berikutnya.

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Kedua

Makan perlahan-lahan : ini sedikit kontroversial tetapi sudah ada penelitian untuk membuktikan bahwa makan perlahan-lahan menekan nafsu makan.

Dalam studi tersebut, 30 wanita membuat dua kunjungan ke laboratorium Melanson, dan setiap kali mereka diberi sepiring besar pasta dan diberitahu untuk makan sebanyak yang mereka inginkan. Ketika mereka diberitahu untuk makan dengan cepat, mereka mengkonsumsi 646 kalori dalam sembilan menit, tetapi ketika mereka didorong untuk jeda antara gigitan dan mengunyah setiap suapan 15 hingga 20 kali, mereka makan hanya 579 kalori dalam 29 menit.

Reference : Physorg.com

Pada dasarnya, makan makanan Anda dengan perlahan-lahan memungkinkan cukup waktu otak Anda untuk menganalisis apakah perut Anda penuh atau tidak  :)

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda makan perlahan-lahan. Menonton film, menghitung berapa kali anda mengunyah, terlibat dalam percakapan, membaca sesuatu saat Anda sedang makan. Ada manfaat lain dari makan perlahan-membacanya di posting ini pada Kebiasaan Zen .

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Ketiga

Makan sejumlah makanan kecil bukannya beberapa makanan besar : Sekali lagi, penalaran adalah sepanjang garis slow release energi. Makan besar akan meningkatkan tingkat energi Anda dengan cepat, tetapi kenaikan tingkat energi diikuti dengan penurunan besar setelah yang menginduksi lebih *kelaparan* dan dapat menyebabkan pesta makan selama makan berikutnya. Makanan kecil akan berarti tingkat yang konsisten energi-yang berarti keinginan rendah untuk makanan.

Tingkatkan asupan serat makanan Anda : Diet serat meningkatkan perasaan “kenyang” dan mengendalikan nafsu makan.

Perut distensi ( perasaan penuh ) sinyal seseorang untuk berhenti makan… Sekali dicerna, serat meningkatkan rasa kenyang dan memperpanjang kejenuhan setelah makan melalui distending perut dan dengan memperpanjang retensi isi lambung.

Referensi : Medscape Hari ini

Studi dan laporan klinis menunjukkan bahwa serat larut (seperti psyllium, pektin, dan guar gum) dapat meningkatkan sensasi kenyang dan mengendalikan nafsu makan. Untuk alasan ini, menggabungkan serat larut dalam diet dapat membantu penurunan berat badan. Referensi : University of Maryland Medical Center. Makanan seperti apel, persik, jeruk, anggur, sayuran merupakan sumber yang baik dari serat larut.

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Keempat

Pilih makanan dengan kalori yang lebih rendah per volume : Ternyata, biasanya kita memilih untuk makan makanan didasarkan pada seberapa besar porsi terlihat, daripada melihat kalori. Jika kita makan dalam jumlah besar makanan yang diberikan (bahkan jika itu sangat rendah kalori), kita cenderung makan lebih sedikit saat makan berikutnya.

“Ternyata, kepadatan energi dari makanan memiliki efek yang sangat kuat pada asupan makanan,” kata Rolls. Dia dan murid-muridnya melakukan penelitian di mana makanan yang sama, ayam dan nasi, dapat disajikan di tiga bentuk yang berbeda : sebagai casserole nasi ayam, nasi sup sebagai ayam, dan sebagai casserole nasi ayam disajikan dengan segelas – 10 ons air. Sup pemakan makan 26 persen lebih selama makan berikutnya dari salah satu dari dua kelompok lainnya.

Referensi : Penelitian Penn State online

Dia dan murid-muridnya dimasukkan berbagai jumlah udara ke milkshake melalui blending. Para peneliti menemukan bahwa semakin banyak udara, semakin besar goyang dan kurang subyek makan selama makan berikut.

Referensi : artikel yang sama seperti di atas.

Ini berarti bahwa makan makanan dengan kepadatan energi yang rendah ( kurang jumlah kalori untuk volume tertentu ) dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Kebanyakan buah dan sayuran memiliki langkah-langkah yang rendah kepadatan energi.

This post has already been read 505 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation