3 Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Waktu anak laki-laki saya masih kecil, ia selalu bergerak. Sangat aktif dan tubuhnya pun terlihat kurus, tapi bobot badannya masih dalam batasan normal. Seluruh kegiatannya hanya terhenti di malam hari. Pada siang hari, ia terus bergerak, berlari, menyanyi, menari, memukul sesuatu seperti sedang memainkan alat musik bahkan bergaya seperti sedang memainkan alat musik atau seperti vocalis yang sedang berada di panggung sebuah konser. Pada malam hari pun butuh menunggu sampai larut untuk membuatnya merasa ngantuk. Terkadang saya sampai merasa ngantuk dan suami saya yang menjaganya. Saat sudah pergi ke kamar tidur terkadang anak ini juga masih memantulkan dirinya ke dinding dan berguling-guling di atas kasur. Hampir setiap malam kemarahan saya hampir terpancing.

Sampai akhirnya pada suatu hari, saya menemukan beberapa cara mengatasi anak susah tidur. Sebenarnya banyak cara yang sudah kami coba untuk menghilangkan insomnia pada anak, dan saya rasa ini yang paling ampuh.

3 Cara Mengatasi Anak Susah Tidur Yang Ampuh

sepakbola

Cara mengatasi anak susah tidur #1 : Saya menemukan cara bagaimana gerakan tubuhnya bermanfaat dan menjadi terlatih. Ini merupakan cara mengatasi anak susah tidur yang paling ampuh menurut saya. Saya melihat anak saya suka bergaya seperti striker, maka saya daftarkan dia untuk ikut club sepakbola anak-anak. Setelah usianya bertambah dia juga ikut Tae Kwon Do dan Drum Band.

Olahraga atau kegiatan latihan tidak harus terjadi dalam waktu yang panjang namun hanya sekali. Hal yang paling baik adalah kegiatan tersebut dilakukan secara rutin dan terus berkelanjutan.

Setelah olahraga dan latihan ini terus terjadi, saya melihat anak saya saat malam hari naik ke atas ranjangnya lebih awal dan ia bisa tidur lelap dalam waktu yang lumayan cepat.

Cara mengatasi anak susah tidur #2 : Bila kegiatan anak saya sedang off saya akan mengajak renang di sore hari. Kolam renang yang tidak terlalu ramai akan membuat anak merasa tenang karena suasananya tidak sekompetitif biasanya seperti saat ia berada di lapangan sepakbola.

Tidak masalah berenang di sore hari untuk anak, yang penting setelah itu mandi untuk membersihkan tubuh dan di lap hingga setiap lekuk tubuhnya benar-benar kering. Saat malam hari saya melihat anak saya pergi ke kamar kemudian menarik selimutnya.

Cara mengatasi anak susah tidur #3 : Cara mengatasi susah tidur yang ketiga juga sangat ampuh. Kadang karena terlalu lelah, anak malah sulit memulai tidurnya. Makanya saya selalu menjaga lama waktu olahraga dan latihannya tidak berlebihan. Jangan terlalu berlebihan agar tidak melewati batas kemampuannya tubuhnya.

Agar anak bisa tidur saya akan memberi sugesti untuk anak. Ini cara mengatasi susah tidur yang ampuh dengan catatan anak mendengarkan ucapan saya dan keadaan di lingkungan sudah tenang dan tidak bising. Saya akan memintanya berbaring, meletakkan kepala diatas bantal. Anak saya memeluk guling karena ini satu kebiasaan yang wajib saat tidur. Kemudian saya melakukan hal yang sama disebelahnya. Sayang akan memejamkan mata dan saya meminta anak saya juga melakukan hal yang sama. Saya memperbolehkan anak saya tiduran dengan posisi menghadap samping atau telentang, yang penting saya memiliki gerakan yang serupa dengan posisi tidurnya.

Setelah itu saya mulai mensugesti dengan meminta anak saya merasakan kepalanya yang menempel dibantal terasa hangat, nyaman dan semakin relaks. Semakin merasa nyaman makan semakin ingin menempelkan kepala kita dengan bantal. Kemudian merasakan ada rasa hangat yang mengalir dari punggung ke bagian pantat (ini maksudnya tulang ekor atau bokong, tapi anak saya masih kecil dan taunya seperti itu). Rasakan punggung semakin menempel ke kasur dan kita semakin relaks. begitu juga betis dan tumit. Setelah itu kembali ke bahu, rasakan bahu menempel ke kasur, sebagian menempel ke bantal. Semakin bahu terasa pasrah semakin relaks dan tenang. Semakin tenang maka semakin bisa tertidur dengan nyenyak.

Setiap kali saya melakukan ini, jarang sekali saya berhasil sampai tahap bahu. Biasanya anak saya sudah tertidur sebelum saya memberi sugesti hingga selesai. Ini memang cara mengatasi anak susah tidur yang ampuh menurut saya. Bila sudah sampai bagian bahu anak belum tertidur, ini bisa diulang lagi. Dengan suara yang rembut, tahap sugesti yang bertahap dan pelan-pelan akan memberikan ketenangan tersendiri kepada anak.

Artikel lain:

Cara Mengatasi Anak Phobia Gelap

Cara Mengatasi Rasa Takut Berpisah (Separation Anxiety)

This post has already been read 698 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation