2 Ciri Umum Anak Autis

Perhatikan perilaku anak sedini mungkin. Ketahui setiap perkembangannya dan lihat ke buku panduan perkembangan bayi dan balita yang Ibu miliki. Bila sesuai antara  kemampuan dan kecerdasan anak dengan usianya berarti tumbuh kembang anak dalam keadaan yang normal. Bagaimana bila tidak? Bagaimana ada prilaku yang tidak biasa yang dilakukan anak? Apa bisa anak terkena autis dari bayi. Jawabannya adalah bisa saja. Ketahui 2 ciri umum anak autis berikut:

1. Gejala sulit berkomunikasi

Sebagian anak memang ada yang telat bisa berbicara. Sebagian anak lainnya ada yang bisa berbicara tapi telat umurnya untuk bisa berbicara dengan jelas dan mudah dimengerti. banyak kasus yang seperti ini.
Tapi untuk anak yang memiliki ciri umum anak autis bisa diperhatikan dari kemampuan berbahasanya. Anak penderita autis tidak mampu menggunakan dua kalimat secara spontan diusianya yang sudah melebihi 2 tahun. Ini yang membuat anak menjadi sulit berkomunikasi dengan orang lain disekitarnya. Biasanya anak 2-3 tahun gemar bercerita, walaupun ucapannya belum terlalu jelas. Mereka sedang melatih merangkai kata dan cerita dengan memperlihatkan kosa kata yang sudah dikenalnya kepada orang lain bila anak tersebut perkembangannya normal.

2. Perilaku Khusus yang berbeda dari anak seumurannya

Perhatikan baik-baik bila bayi atau balita Ibu tidak bergumam hingga usia 12 bulan. ciri umum anak autis lainnya adalah anak juga tidak bisa berbicara melalui gerakan badan hingga usia 12 bulan. Bahkan menunjuk apa yang diinginkan terkadang terasa sulit bagi anak penderita autis.
Hali ini tentu perilaku khusu yang berbeda dari anak seumurannya. Terlebih bila anak tidak mengucapkan sepatah kata hingga 16 bulan. Bahkan susah berekspresi sehingga orangua sulit mengerti tangisan dan teriakan yang dilakukan anak penderita autis memiliki makna seperti apa.

Pelajari perilaku anak Ibu. Ketahui 2 ciri umum anak autis di atas. Bila memang ada perilaku khusus yang berbeda dari anak seumurannya segera konsultasikan ke dokter anak. Berikan terapi yang tepat untuk anak autis. Membuat mereka merasa nyaman adalah hal terbaik yang bisa Ibu berikan.

Sumber

This post has already been read 581 times!

One Thought on “2 Ciri Umum Anak Autis

  1. Pingback: Apa Saja Ciri-Ciri Anak Autis? | Citacitabunda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation