2 Cara Agar Anak Balita Sehat dan Bahagia

Mengasuh anak yang baru lahir berbeda dengan mengurus anak remaja. Pada saat anak baru dilahirkan hingga masuk fase balita, tumbuh kembang fisik dan mentalnya tampak bertumbuh dengan pesat.

Setiap hari semakin banyak kepintaran yang mereka dapatkan. Tentu senang rasanya setiap melihat anak balita  sehat bertambah kepintarannya.

Lambat laun, orangtua kadang memiliki tuntutan kepada anak balitanya. Ini biasanya terjadi tanpa ibu sadari. Misal, saat bertemu dengan ibu muda lain yang memiliki anak seusia dengan anak kita, tanpa sengaja kita membanding-bandingkan kebisaaan antara dua anak balita ini. Kemudian bila kepintaran anak kita lebih sedikit maka kita seperti menuntut dalam hati agar anak kita sama dengan anak yang lainnya.

Padahal, ada hal yang perlu Ibu ingat bahwa kebisaan dan kepintaran seorang anak balita juga erat kaitannya dengan pola asuh yang ibu terapkan di rumah. Apakah stimulasi kecerdasan anak yang ibu lakukan sehari-hari di rumah sudah cukup baik?

Banyak cara yang ibu lakukan, tapi tidak semua cara tepat di terapkan kepada anak. Setiap anak unik dan tidak bisa diperlakukan secara sama. Berikut ini adalah 2 cara agar anak balita sehat dan bahagia yang bisa dilakukan para orang tua:

Tidur Cukup

balita sehat

Biasanya orangtua kurang tidur karena kerja overtime, tapi kalau anak balita tentu bukan karena itu. Bisa jadi anak kurang tidur karena ada yang terasa sakit di tubuhnya, mungkin kecapekan main seharian, atau bisa juga karena pola istirahat yang salah yang terlanjur salah.

Ini sangat berbahaya karena kurang tidur bisa membuat anak kurang fokus, anak sulit berkonsentrasi dan rewel. Dengan demikian perkembangan kepintarannya juga bisa terhambat. Ciptakan pola tidur yang baik, waktu tidur yang cukup bisa menyegarkan tubuh dan otak anak. Sehingga anak merasa mudah saat menjalani hari esok.

Tertawa

balita sehat

Apa batasnya tertawa sudah tercukupi atau belum? Batasannya adalah, jika sudah merasa bahagia, maka sudah cukup tertawa yang dilakukan hari ini.

Saat tertawa, oksigen yang masuk kedalam tubuh sebanyak 6 kali lipat dari biasanya, setelah tertawa hormon endorpin pun akan meningkat. Hormon ini mampu menghilangkan rasa sakit, lelah dan capek yang terasa di tubuh secara alami. tertawa juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nah, banyak sekali manfaat dari tidur cukup dan tertawa, manfaat ini juga berlaku untuk anak balita tentunya. Ciptakan keseimbangan waktu tidur dan bermain serta bercanda bersama sang buah hati. Maka kita sebagai orangtua telah melakukan upaya dan cara-cara agar anak balita sehat dan bahagia.

Artikel lain: Agar Keluarga sehat

This post has already been read 738 times!

One Thought on “2 Cara Agar Anak Balita Sehat dan Bahagia

  1. Pingback: Menyajikan Sepiring Makanan Sehat Untuk Si Kecil | A Good Parenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation