10 Peralatan Bayi yang Wajib Dimiliki

Setelah hamil masuk 8 bulan biasanya kita akan bersemangat untuk menyiapkan kebutuhan bayi. Mulai dari pakaian, selimut, box bayi, sampai hal-hal lainnya.

Nah, terkadang kita suka keliru manakah peralatan yang paling penting untuk bayi dan mana yang cukup penting. Jadinya, saat membeli peralatan ke toko perlengkapan bayi kita agak kebingungan.

Tips belanja peralatan bayi

1. Lihat ke kamar bayi, apa saja yang belum ada.

2. Buat catatan kecil berisi barang-barang yang akan dibeli.

3. Perhatikan secara detail, perlengkapan harian apa yang juga perlu dibeli.

Kalau sudah melakukan 3 hal di atas berarti ibu sudah berusaha untuk meminimalisir kelupaan saat berbelanja. Bila catatan terlihat menumpuk rapat, tetap saja ibu harus prioritaskan peralatan yang paling penting. Selain pakaian dan kain untuk menggendong kira-kira apa saja ya yang diperlukan untuk bayi baru lahir?

10 peralatan bayi yang paling penting dan wajib dimiliki

1. Perlak

Perlak plastik memang mudah didapat, tapi sebaiknya pilih perlak berbahan semi karet. Ini lebih aman karena tidak licin dan tidak berbahaya untuk bayi. Setelah dua bulan bayi mulai menapak di kasur (yang beralas perlak), kalau sudah seperti ini lama-kelamaan ia bisa menendang dan merubah posisi. Perlak berbahan karet tentu aman karena tidak licin dan tidak membuat bayi berkeringan.

2. Handuk dan sisir bayi

Pilih handuk dengan bulu yang lembut sehingga kulit bayi tidak mudah tergores atau ruam saat digosok. Sisir bayi juga pilih yang lebut agar tidak ada baret di kulit kepala. Jangan mencari harga yang super murah, untuk kesehatan kulit anak kita harus pilih yang berkualitas bagus.

3. Selimut, bantal-guling

selimut bayi

Ini adalah peralatan wajib untuk bayi menjelang tidur. Bayi juga butuh bantal guling untuk membuatnya merasa lebih nyaman dan tenang. Selimut akan menghangatkan sehingga tidur bayi lebih lama.

4. Tisu basah non alkohol

Tisu basah sangat penting bila kita mengajak bayi bepergian. Dalam keadaan sulit air untuk membersihkan kotoran bayi tentu kita bisa memakai tisu basah. Bawa kemanapun saat ibu pergi membawa si kecil.

5. Tas bayi

Apa jadinya kalau tidak punya tas bayi? Sebenarnya tas bayi dibuat untuk mempermudah tugas ibu. Ada kantong-kantong yang bisa kita manfaatkan untuk menaro peralatan bayi lainnya agar lebih mudah diingat. Termasuk tempat menyimpan susu juga di desain untuk memudahkan ibu mengambilnya dan menjaga susu yang sudah dibuat agar tidak mudah tumpah atau tercampur barang lain. Bahaya juga kan kalau tutup botol terbuka dan tercampur minyak telon.

6. Sarung tangan dan kaos kaki bayi

Ini sangat menolong. Biasanya bayi suka mencakar atau menggaruk wajahnya sendiri. Terkadang saat haus bayi melakukan hal tersebut berulang kali. Sarung tangan akan melindungi bayi dari luka karena cakaran tersebut. Kaos kaki juga bisa membuat bayi lebih nyaman dan tidak kedinginan, alhasil tidak terlalu sering pipis.

7. Tudung bayi atau kelambu

Kelambu biasa dipakai saat bayi tertidur. Ini bisa melindunginya dari serangga atau hewan kecil lainnya. Cahaya yang masuk juga tidak akan terlalu silau sehingga tidur menjadi lebih nyaman. Siapkan kelambu agar bayi tidak rewel dan bisa tidur nyenyak.

8. Sabun dan sampo bayi

Pilih sabun dan sampo bayi yang mudah dibilas agar tidak susah saat memandikannya. Ini sangat penting terutama untuk ibu yang belum berpengalaman memandikan bayi.  Selain itu bedak, minyak telon, body lotion dan hair lotion juga perlu disiapkan.

9. Termos kecil dan botol susu

Kedua hal yang tidak bisa dipisahkan jika Anda memiliki bayi. Bila kuantitas ASI mencukupi kebutuhan bayi maka peralatan ini tidak terlalu penting lagi.

10. Popok

Bila terasa susah sehari-hari merawat bayi dengan menggunakan popok kain, ibu bisa menggunakan popok sekali pakai. Popok sekali pakai saat ini banyak sekali dipasaran. Tapi hati-hati memilih popok sekali pakai, ada yang harganya murah tapi anak saya hasilnya ruam dibagian selangkangan sampai ke pantat belakang. Ini bisa membuat anak rewel dan susah tidur.

Pilih popok dengan permukaan yang lembut dan daya serapnya maksimal agar anak nyaman. Seperti Merries popok bayi, teknologinya pembuatannya sudah canggih, bahkan ada garis diluar popok yang memberitahukan ibu sudah seberapa penuh popok yang sedang dipakai.

Baca Juga:

Indonesia Krisis Lagu Anak-anak

Makanan Sehat Untuk Orang yang Tinggal di Kota Besar

Sering Mengigau dan Menangis, Ada Apa Dengan Si Kecil?

This post has already been read 1205 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation