Tips Parenting Cara Mengontrol Tontonan Anak di YouTube

Tontonan di Youtube terkadang memiliki efek yang bagus bagi anak. Namun, tidak semua video yang tersedia memiliki muatan content yang aman untuk anak. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa di terapkan untuk membantu orangtua mengontrol content dari tontonan di Youtube sehingga aman untuk anak-anak.

Filtering pada OS X

Cara tercepat dan termudah untuk membuat Youtube kid-friendly adalah untuk memungkinkan Safety Mode. Safety Mode akan menyaring konten yang berpotensi tidak menyenangkan atau kita sebut tidak aman untuk anak-anak. Mengubah pengaturan cukup baik sehingga anak-anak dapat melihat YouTube di web browser tanpa video dengan muatan content yang buruk dan komentar vulgar muncul ke atas.

youtube-setting
Kita bisa mengaktifkan Safety Mode dengan menggulir ke bagian bawah setiap halaman Youtube dan mengklik menu drop-down di bagian “safety”. Jika ingin login ke akun Youtube, Ibu dapat mengunci fitur ini sehingga selalu diaktifkan. Jika Ibu memiliki beberapa browser, buka masing-masing browser dan ulangi proses ini untuk memastikan Safety Mode diaktifkan dalam masing-masing.

YouTube memperingatkan orang tua bahwa fitur ini tidak 100 persen aman, dan beberapa konten yang dilarang bisa merembes melalui filter-nya. Jika Ibu ingin lapisan tambahan keamanan, Ibu dapat menginstal alat penyaringan pihak ketiga seperti Safety Aye dari McAfee atau Net Nanny. Layanan ini membutuhkan biaya, tetapi layanan ini bisa menyaring semua situs yang tidak aman untuk dikunjungi anak. Bukan hanya YouTube, halaman lainnya yang dianggap tidak aman juga akan terkunci dan tidak muncul dipilihan. Ada ekstensi berbasis browser seperti FoxFilter untuk FireFox atau Blocksi untuk Chrome yang juga konten website filter. Jika Anda menggunakan Safari, orang tua dapat menggunakan built-in penyaringan fitur yang diaktifkan saat Anda menghidupkan kontrol orangtua di OS X.

This post has already been read 885 times!

One Thought on “Tips Parenting Cara Mengontrol Tontonan Anak di YouTube

  1. Pingback: Miliki Aturan di Rumah Untun Membuat Rumah Terasa Menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation